Persiapan Penting Sebelum Melakukan Tes Swab, Cek di SehatQ


Di masa pandemi, tes swab sangat penting dilakukan agar mengetahui apakah Anda kena corona. Apalagi ketika tiap hari harus beraktivitas di luar karena urusan pekerjaan. Saat berkontak dengan orang lain, Anda tak tahu apakah ia seorang OTG atau bukan. Swab test hasilnya akurat dan mampu memperingatkan dari bahaya virus covid-19.

Mau Tes Swab tapi Merasa Tegang? Siapkan Ini Dulu, Cek di SehatQ

Jika melihat video saat swab test maka Anda merasa nervous. Namun jangan khawatir, siapkan hal-hal berikut ini agar pemeriksaan berjalan lancar.

1. Jaga Konsumsi Makanan dan Minuman

Sebelum melakukan tes swab, maka jagalah asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Jangan terlalu banyak makan es krim atau minum air dingin. Anda juga tak boleh makan lauk yang pedas atau sambal, serta kurangi konsumsi gorengan. Makanan dan minuman favorit Anda harus dibatasi agar tubuh tidak demam atau diare saat melakukan tes.

Sebaiknya konsumsi makanan sehat seperti roti gandum, oatmeal, buah dan sayuran segar. Jangan lupa minum air putih dan kurangi asupan kopi. Jika perlu, tambahkan vitamin C dan susu segar ke dalam menu harian. Semua ini dijalankan agar kondisi tubuh benar-benar fit saat melakukan pemeriksaan.

2. Pakai Sarung Tangan dan Masker

Saat akan berangkat tes swab ke laboratorium, pastikan Anda memakai sarung tangan agar tetap higienis. Pakai juga masker yang sesuai standar kesehatan, seperti masker kain atau masker bedah dan jangan pakai masker scuba karena tidak efektif menahan droplet. Masker yang dipakai harus dalam keadaan bersih. Prosedur ini untuk mencegah Anda kena bakteri dan penularan dari luar.

3. Berangkat dengan Kendaraan Pribadi

Sebelum pergi ke tempat pemeriksaan, jangan pakai kendaraan umum seperti mobil angkot, kereta api atau bus. Namun bawalah sepeda motor sendiri atau jika terpaksa, pakai taksi online. Hal ini dilakukan karena bisa jadi Anda adalah orang tanpa gejala, jadi harus meminimalisir kontak dengan orang lain.

4. Jangan Lupa untuk Bawa Hand Sanitizer di Dalam Tas

Hand sanitizer sangat penting dibawa saat akan melakukan tes swab karena tangan bisa bebas dari bakteri dan droplet yang bisa membawa virus covid-19. Benda yang bisa dibeli di Toko SehatQ ini wajib dibawa, karena bisa jadi di perjalanan tidak ada tempat cuci tangan. Ingatlah selalu untuk menaati protokol kesehatan.

5. Taati Aturan Jaga Jarak dan Jangan Sampai Bergerombol

Saat mengantri giliran tes swab, maka jaga jarak antar orang. Jangan nekat duduk di kursi yang telah diberi tanda X. Untuk menghindari keramaian, maka datanglah ke tempat pemeriksaan pada pagi hari, saat lab baru buka. Jadi keadaan masih lengang dan Anda bisa memeriksakan diri dengan nyaman.

6. Usahakan Rileks dan Jangan Tegang saat Tes Swab

Pada saat melakukan tes, memang terlihat agak mengerikan, karena ada alat yang dimasukkan ke nasofaring atau bagian dalam tenggorokan, untuk mendapatkan sampel lendir. Ketika Anda tegang, maka otot bisa kaku dan menyusahkan proses pemeriksaan. Usahakan untuk tetap rileks dengan membaca doa dan menarik nafas panjang, agar tes bisa berjalan dengan lancar.

Tes swab adalah pemeriksaan yang paling jitu untuk mengetahui apakah Anda terjangkit virus covid-19. Sebelum berangkat ke lab atau RS untuk mendapatkan pemeriksaan, maka Anda harus jaga makan dan tidak boleh jajan sembarangan. Selain itu, patuhilah segala protokol kesehatan yang sudah disosialisasikan oleh pemerintah, agar tidak ada penularan corona saat tes. Cari informasi lebih banyak seputar tes swab di sehatQ juga akan membuat wawasan Anda seputar covid dan penanganannya ini makin luas.

Belum ada Komentar untuk "Persiapan Penting Sebelum Melakukan Tes Swab, Cek di SehatQ"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel