Manfaat Ikan Patin untuk Asam Urat

Manfaat Ikan Patin untuk Asam Urat

Penderita asam urat tentunya harus selalu menjaga pola makan untuk setiap hari. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi diri terhadap beberapa jenis asupan makanan tinggi akan purin. Tujuannya adalah agar bisa mencegah penumpukan kristal kadar asam urat, yang dimana jika menumpuk akan berimbas ke beberapa serangan penyakit yang  di persendian.

Hanya saja, terdapat satu jenis makanan dimana justru bisa dibilang sangat direkomendasikan bagi para penderita asam urat. Bahkan makanan yang satu ini dikenal mempunyai rasa yang enak yaitu olahan ikan patin. Jadi tidak heran banyak yang mencari ikan ini karena manfaat ikan patin untuk asam urat. berikut beberapa penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Manfaat Ikan Gabus untuk Asam Urat

Dalam penelitian Theresia Dwi Suryaningrum pada tahun 2008 menyebutkan, jika Ikan patin termasuk salah satu komoditas dari hasil budidaya perikanan yang pangsa pasarnya cukup menjanjikan.

Ikan Patin Rendah Purin Cocok untuk Penderita Asam Urat

Ikan patin masuk ke dalam ikan dimana hidup pada perairan tawar serta masih satu keluarga dari ikan lele, pasalnya di kepalanya mempunyai kumis. Namun dari sisi ekonomis dianggap lebih baik dari pada ikan lele.

Jika membahas mengenai nutrisi di dalamnya, ikan patin memiliki kandungan yang kaya akan protein maupun kalori. Hanya saja, untuk kadar kolesterol di dalamnya cukup rendah dari pada  ikan-ikan lainnya. Selain itu, kadar untuk purin termasuk rendah dan aman bagi penderita asam urat.

Olahan Ikan Patin Harus Benar

Sampai sekarang ini memang belum ada penelitian yang membuktikan jika ikan patin dapat memberikan efek buruk untuk penderita asam urat. Meskipun begitu Anda juga diharuskan untuk mengolahnya menggunakan cara yang tepat, supaya bisa mendapatkan manfaat untuk kesehatan termasuk manfaat ikan patin untuk asam urat.

Sebagai contoh, sebaiknya Anda beli ikan patin yang mana diolah menggunakan cara direbus maupun dikukus. Pasalnya kita Anda menggorengnya dan juga menjadikannya makanan kaya santan, akan dikhawatirkan patin memiliki kandungan lemak yang jahat serta kolesterol tinggi. Sesuatu hal dimana  bisa membanyakkan bagi penderita asam urat.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Ikan Patin untuk Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel