Manfaat Ikan Gabus untuk Asam Urat

Manfaat Ikan Gabus untuk Asam Urat

Ikan pada dasarnya menjadi salah satu jenis makanan yang mana cukup dikhawatirkan bagi para penderita penyakit, terutama asam urat. Lantaran ada banyak makanan laut dengan kandungan purin dan bisa menjadi memicu peningkatan dari kadar asam urat. Meskipun begitu Anda tidak perlu merasa perlu khawatir.

Pasalnya, ada beberapa jenis ikan yang mana masih cukup aman jika dikonsumsi oleh penderita asam urat, seperti halnya dengan ikan kakap, ikan nila, ikan gabus, dan juga ikan lainnya. Dengan begitu, maka manfaat ikan gabus untuk asam urat adalah sebagai salah satu menu makan yang bisa dikonsumsi dengan jumlah yang sesuai. Hanya saja memang perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu bersama dokter.

Kandungan dari Ikan Gabus

Ikan gabus atau yang kerap dikenal dengan sebutan ikan kutuk mempunyai kandungan protein dengan jumlah yang sangat tinggi. Protein yang ada di dalam ikan gabus sendiri jumlahnya lebih dari 25% dan termasuk sebagai jumlah yang cukup tinggi dari pada beberapa  jenis ikan lainnya. Ikan gabus sendiri memiliki kandungan albumin tinggi pula.

Baca juga: Manfaat Habbatussauda untuk Asam Urat

Albumin sendiri adalah protein utama di dalam darah yang mana diproduksi hati. Albumin berperan penting untuk tubuh, sehingga jika kekurangan albumin maka bisa menyebabkan beberapa masalah pada tubuh. Kandungan lainnya di dalam ikan gabus diantaranya adalah omega-3, fosfor, vitamin A, vitamin B1, air, zat besi, dan kalsium.

Olahan untuk Ikan Gabus

Sama halnya ketika memilih jenis makan saat mengolah makanan bagi penderita asam urat juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan atau asal ya. Jauh lebih baik jika Anda mengolah ikan bagus dengan direbus ataupun dikukus.

Jika Anda mengolahnya dengan cara digoreng justru akan menjadikan beberapa penyebab bahaya pada penderita asam urat. Pasalnya meningkatkan kandungan lemak jahat sekaligus kolesterol tinggi. Menurut artikel yang ada di laman alodokter dan sudah ditinjau oleh dr. Kevin Adrian tahun 2019 bahwasanya penyakit asam urat kemungkinan besar bisa saja terjadi dengan tiba-tiba dan menjadi penyebab rasa nyeri dan pembengkakan pada sendi.

Di atas adalah beberapa penjelasan mengenai manfaat ikan gabus untuk asam urat. Sebaiknya Anda juga mengolahnya dengan benar sehingga tidak menyebabkan beberapa risiko lain terhadap kondisi kesehatan Anda.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Ikan Gabus untuk Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel