Setelah Bulan Biru yang Merah Kemudian Bulan Hitam

Selama bulan Januari 2018 kita bisa melihat dua kali bulan purnama. Pertama pada 2 Januari dan kedua pada 31 Januari. Dua bulan purnama dalam satu bulan masehi terbilang jarang terjadi. Dan untuk memperingati bulan purnama kedua dalam satu bulan masehi diberikan istilah bluemoon atau bulan biru. Nah karena bulan biru hanya istilah maka bulan purnama tidak akan benar-benar berwarna biru.

Bulan biru yang merah lalu bulan hitam. Kredit: kalastro.id.

Menariknya pada 31 Januari 2018 selain bulan biru juga terjadi gerhana bulan total. Pada waktu itu bulan purnama yang tadinya putih terang akan berubah warna menjadi merah temaram. Gerhana bulan total terjadi ketika Matahari, Bumi, Bulan tengah segaris lurus. Dan cahaya matahari akan terhalangi oleh Bumi menuju Bulan. Adapun warna merah pada Bulan adalah hasil pembiasan cahaya matahari oleh atmosfer bumi.

Perpaduan antara bulan biru dan gerhana bulan total ini menarik. Alih-alih bulan purnama berubah biru, malah yang terjadi adalah berwarna merah. Atau dengan kata lain kita akan bulan biru yang merah pada 31 Januari 2018. Dan bulan biru yang merah ini bisa kita saksikan di seluruh Indonesia pukul 19:51-21:07 WIB.

Nah kalau pada Januari punya banyak bulan purnama. Sebaliknya pada Februari 2018 malah tidak akan ada bulan purnama sama sekali. Sebab bulan purnama sebelumnya terjadi pada akhir Januari. Sedangkan jumlah tanggal pada Februari hanya ada 28 hari. Dan itu tidak cukup untuk menampung satu periode bulan purnama selama 29,5 hari. Akibatnya setelah terjadi di akhir Januari kemudian bulan purnama selanjutnya jatuh di awal Maret 2018.

Ketiadaan bulan purnama dalam satu bulan masehi tentu membuat selama satu bulan itu gelap tanpa cahaya purnama. Fenomena satu bulan tanpa bulan purnama kemudian diberi istilah blackmooon atau bulan hitam. Fenomena bulan hitam ternyata jauh lebih langka dari pada bulan biru. Bahkan bulan hitam hanya bisa terjadi pada bulan Februari ketika pada Januari dan Maret terdapat bulan biru. Sebelumnya bulan hitam terjadi tahun Februari 1999 dan akan terjadi lagi pada Februari 2018.

Nah rangkaian bulan biru, gerhana bulan total, dan bulan hitam yang terjadi berturut-turut tentu menjadi keunikan tersendiri. Sebab akan ada bulan purnama yang berwarna warni dari bulan biru yang berwarna merah kemudian bulan hitam. Tapi sekali lagi bulan biru dan bulan hitam hanya istilah. Bahkan tidak ada bulan purnama pada bulan hitam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar