Rabu, 31 Januari 2018 Bulan Akan Berwarna Merah Karena Gerhana

Bulan purnama kedua di tahun ini akan jatuh pada Rabu, 31 Januari 2018. Berbeda dengan bulan purnama umumnya, bulan purnama kedua di tahun ini ternyata bakal tampil berbeda. Sebab bila bulan purnama umumnya terlihat putih dan terang. Maka kali ini akan terlihat merah dan temaram. Ini terjadi lantaran Bulan akan mengalami gerhana. Lebih tepatnya yang terjadi adalah gerhana bulan total.

Gerhana bulan total. Kredit: Roger Groom.

Gerhana bulan total terjadi ketika Matahari, Bumi, dan Bulan tepat segaris lurus. Dengan begitu cahaya dari Matahari yang harusnya menerangi Bulan malah tertutupi oleh Bumi. Akhirnya cahaya dari Matahari yang putih dan terang tidak bisa langsung mengenai Bulan. Sedangkan warna merah pada Bulan berasal dari sisa cahaya matahari yang terhamburkan oleh atmosfer bumi.

Menariknya pada tahun ini akan terjadi dua kali gerhana bulan total. Masing-masing terjadi pada 31 Januari dan 28 Juli 2018. Beruntung semua gerhana bulan total di tahun ini bisa terlihat di Indonesia. Jadi selama tahun ini kita bisa melihat dua kali bulan purnama yang berwarna merah karena gerhana. Gerhana pertama akan berlangsung sebelum tengah malam sedangkan gerhana kedua setelah tengah malam.

Infografis Gerhana Bulan Total 2018
Infografis gerhana bulan total 2018. Kredit: kalastro.id.

Gerhana bulan 31 Januari 2018 akan berlangsung dalam tahapan gerhana sebagian, total, sebagian. Sebagai pembuka, gerhana bulan sebagian akan mulai terjadi pukul 18:48 WIB. Kemudian dilanjutkan oleh gerhana bulan total antara pukul 19:51-21:07 WIB. Dan terakhir kembali akan terlihat gerhana bulan sebagian sampai pukul 22:11 WIB. Puncak gerhana bulan total akan terjadi pukul 20:30 WIB.

Durasi gerhana bulan total 31 Januari 2018 cukup lama mencapai 1 jam 16 menit. Gerhana bulan total hari ini bisa terlihat secara langsung dengan mata telanjang di langit timur. Sehingga untuk bisa melihatnya dengan baik pastikan medan pandang ke arah timur bebas dari halangan apapun. Mengingat gerhana bulan ini akan berlangsung lama maka kita bisa pula melakukan kegiatan lainnya seperti sholat gerhana dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar