Gerhana Bulan 31 Januari 2018, Indonesia Lokasi Terbaik tapi Kurang Baik

Untuk gerhana bulan total 31 Januari 2018 Indonesia bakal menjadi salah satu lokasi terbaik. Sebagian besar wilayah Indonesia meliputi bagian timur dan tengah masuk dalam zona all eclipse visible. Yaitu zona yang bisa melihat seluruh tahapan gerhana dari awal penumbra, sebagian, total sampai selesai. Di wilayah ini Bulan akan terbit sebelum gerhana terjadi sehingga masih terlihat terang.

Gerhana bulan total. Kredit: Roger Groom.

Sedangkan di Indonesia bagian barat akan masuk dalam zona penumbral at moonrise. Yaitu zona yang tidak bisa melihat awal penumbra tapi masih bisa melihat gerhana sebagian, total, sampai selesai. Di wilayah ini Bulan akan terbit ketika gerhana penumbra sudah berlangsung sehingga sudah mulai redup tapi belum berubah merah.

Jadi secara umum pada gerhana bulan total 31 Januari 2018 wilayah Indonesia terbagi menjadi dua zona. Yaitu zona yang bisa dan tidak bisa melihat awal gerhana penumbral. Selebihnya di seluruh Indonesia tetap bisa melihat awal gerhana sebagian, awal sampai akhir gerhana total, akhir gerhana sebagian, dan akhir gerhana penumbral. Tentu itu sudah lebih dari cukup.

Peta zona gerhana 31 Januari 2018. Kredit: NASA.

Nah apabila dalam hal zona gerhana kita di Indonesia mendapat kabar baik karena cukup ideal. Kini mari kita tengok ke hal lainnya yaitu cuaca. Sebab seperti yang kita ketahui cuaca akan menjadi penentu bisa atau tidaknya suatu fenomena langit terlihat. Meski gerhana-nya ada tapi kalau cuaca tidak mendukung tentu akan berakhir kecewa.

Kabar buruknya untuk gerhana bulan total 31 Januari 2018 sebagian besar wilayah di Indonesia sedang mengalami musim hujan. Sehingga ada potensi cuaca buruk ketika gerhana berlangsung. Memang betul bahwa musim bukanlah penentu mutlak cuaca. Sebab pada musim kemarau pun tetap bisa mendung. Pada musim hujan pun bisa saja cerah. Tapi tentu saja potensi mendung pada musim hujan akan lebih besar.

Kesimpulannya Indonesia adalah salah satu lokasi terbaik dalam hal zona gerhana. Di sebagian besar wilayah Indonesia bisa melihat seluruh tahapan gerhana. Dan sisanya tetap bisa melihat tahapan terpenting dari gerhana sebagian sampai total. Namun dalam hal cuaca Indonesia bisa dibilang kurang baik. Sebab potensi cuaca buruk masih tinggi.

Kita sudah mengantongi satu keberuntungan. Yaitu berada dalam zona yang bisa mengamati gerhana bulan total. Dan kita masih butuh satu keberuntungan lagi. Yaitu cuaca yang cerah supaya gerhana bulan total tersebut bisa benar-benar terlihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar