recent posts

gerhana bulan total 2018

Begini Tahapan Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018 di Indonesia

Apabila kamu tinggal di Indonesia maka berhenti bertanya “Apa di tempat saya terlihat gerhana bulan total 31 Januari 2018?” karena jawabannya iya.

Dalam kejadian gerhana bulan total 31 Januari 2018 seluruh Indonesia akan mengalaminya. Dari Sabang sampai Merauke. Dari Miangas sampai Rote. Kita semua bisa. Tanpa terkecuali. Bahkan Indonesia menjadi salah satu lokasi terbaik untuk menyaksikan gerhana bulan total kali ini. Sebab kita bisa melihat semua tahapan terpenting antara awal gerhana sebagian, awal sampai akhir gerhana total, dan akhir gerhana sebagian.

Gerhana Bulan Total. Kredit: Jose Antonio.

Untuk detailnya Indonesia akan terbagi menjadi dua zona gerhana. Yaitu antara yang bisa dan tidak bisa melihat awal gerhana bulan penumbral. Pada tahap ini Bulan hanya akan sedikit meredup dan belum berwarna merah. Wilayah yang bisa melihatnya adalah Indonesia bagian tengah dan timur. Sedangkan di Indonesia bagian barat tidak bisa melihatnya karena Bulan belum terbit. Awal gerhana bulan penumbral terjadi pukul 17:51 WIB.

Setelah gerhana bulan penumbral berlangsung akan disusul oleh awal gerhana bulan sebagian. Di tahap ini Bulan mulai berubah warna dari putih menjadi merah sebagian. Warna merah akan mulai terlihat pada piringan bulan bagian timur dan terus meluas menuju ke bagian barat. Awal gerhana bulan sebagian bisa terlihat di seluruh Indonesia mulai pukul 18:48 WIB.

Dengan makin meluasnya warna merah pada Bulan. Yang paling ditunggu pun akhirnya datang juga. Yaitu gerhana bulan total ketika Bulan mulai berubah warna menjadi merah seutuhnya. Gerhana bulan total 31 Januari 2018 bakal berlangsung selama 1 jam 16 menit. Dan bisa teramati di seluruh Indonesia antara pukul 19:51-21:07 WIB. Sedangkan puncak gerhana bulan total terjadi pukul 20:29 WIB.

Infografis Gerhana Bulan Total 2018
Infografis gerhana bulan total 2018. Kredit: kalastro.id.

Usai berakhirnya gerhana bulan total kembali akan terjadi gerhana bulan sebagian. Pada tahap ini Bulan mulai berubah warna dari merah menjadi putih sebagian. Warna putih akan mulai terlihat pada Bulan di bagian timur dan terus meluas menuju ke bagian barat. Kemudian Bulan akan terlihat putih seluruhnya sekaligus menandakan berakhirnya gerhana bulan sebagian. Dan bisa terlihat di seluruh Indonesia pukul 22:11 WIB.

Setelah gerhana bulan sebagian berakhir akan disusul oleh gerhana bulan penumbral. Di tahap ini Bulan sudah putih seluruhnya tapi masih sedikit redup. Namun perlahan Bulan akan mulai kembali terang sekaligus menandakan berakhirnya gerhana bulan penumbral. Di seluruh Indonesia akan bisa menyaksikan akhir gerhana bulan penumbral pukul 23:08 WIB.

Dengan berakhirnya tahapan gerhana bulan penumbral. Maka seluruh tahapan gerhana bulan total 31 Januari 2018 telah selesai seluruhnya. Seluruh tahapan gerhana memakan waktu sekitar 5 jam 17 menit. Sedangkan untuk tahapan perubahan warna dari awal gerhana sebagian, awal sampai akhir gerhana total, dan akhir gerhana sebagian adalah 3 jam 22 menit. Semua bisa terlihat di Indonesia di langit timur setelah matahari terbenam.

Secara kasat mata sebenarnya cukup sulit untuk bisa melihat gerhana bulan peumbral. Karena pada saat itu Bulan hanya sedikit meredup tanpa ada perubahan warna. Dan apabila kamu ingin menangap perbedaan antara bulan purnama biasa dengan gerhana bulan penumbra. Maka kamu butuh alat bantu seperti teleskop dan kamera. Jadi persiapkan peralatan itu bila kamu memang ingin melihatnya.

Tapi apabila kamu seorang antusias yang hanya sekedar ingin melihat gerhana bulan tanpa peralatan khusus. Maka kamu bisa mengabaikan tahapan gerhana bulan penumbral. Dan berfokus pada awal gerhana bulan sebagian, awal sampai akhir gerhana bulan total, dan akhir gerhana bulan sebagian. Seluruh tahapan tersebut mudah terlihat dengan mata telanjang karena peredupan pada Bulan akan diikuti oleh perubahan warna.
Begini Tahapan Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018 di Indonesia Begini Tahapan Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018 di Indonesia Reviewed by Gigih Ikhbal on Januari 13, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.