recent posts

gerhana bulan total 2018

Supermoon 2 Januari 2018 Bisa Terlihat di Indonesia

Selasa, 2 Januari 2018 Bulan akan mencapai fase purnama di titik terdekat dari Bumi. Sehingga nanti Bulan akan terlihat lebih besar dan terang. Fenomena ini biasa dikenal sebagai supermoon. Puncak supermoon 2 Januari 2018 akan terjadi bersama puncak bulan purnama pukul 09:24 WIB. Namun sayangnya pada waktu itu Bulan sudah tenggelam di Indonesia. Lantas apa supermoon 2 Januari ini bisa terlihat di Indonesia?

Supermoon. Kredit: Pixabay.

Kenyataannya Indonesia memang tidak akan bisa melihat puncak supermoon 2 Januari. Tapi jangan sedih. Sebab supermoon tidak harus dilihat pada waktu puncaknya. Sama seperti kita melihat bulan purnama, supermoon juga bisa terlihat sepanjang malam sebelum atau sesudah puncaknya. Dan secara kasat mata supermoon tetap akan terlihat bulat dan terang meski kita tidak melihat tepat pada puncaknya.

Bagi kita di Indonesia akan ada dua pilihan waktu melihat supermoon 2 Januari. Pertama sebelum puncak supermoon antara Senin, 1 Januari malam sampai Selasa, 2 Januari pagi. Kedua setelah puncak supermoon antara Selasa, 2 Januari malam sampai Rabu, 3 Januari pagi. Mana waktu yang paling baik? Semua sama baiknya. Kita bisa mencoba melihat supermoon sebelum dan sesudah puncaknya.

Mencoba semua pilihan itu penting mengingat supermoon 2 Januari terjadi pada musim hujan. Dengan melihatnya pada dua waktu berbeda maka kita akan punya dua kesempatan. Apabila kita mencoba melihat supermoon 2 Januari sebelum puncaknya tapi ternyata mendung, maka kita bisa coba lagi besok. Tentu itu lebih baik daripada sejak awal meniatkan diri melihat supermoon sesudah puncaknya saja.

Tapi kalau kalian butuh waktu alternatif terbaik untuk melihat supermoon 2 Januari. Maka kalian bisa melihat supermoon 2 Januari 2018 mulai pukul 04:54 WIB sampai matahari terbit. Sebab pada waktu itu Bulan akan mencapai jarak terdekat dari Bumi. Sekaligus itu adalah waktu terdekat dengan puncak supermoon pukul 09:24 WIB. Meski itu waktu terbaik, konsekuensinya kalian harus bagun pagi di hari libur tahun baru.
Supermoon 2 Januari 2018 Bisa Terlihat di Indonesia Supermoon 2 Januari 2018 Bisa Terlihat di Indonesia Reviewed by Gigih Ikhbal on Desember 30, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.