Melihat Geminid: Hujan Meteor Terbaik Tahun 2017

Gemind. Kredit: Alamy.

Kalau ada pertanyaan apa hujan meteor terbaik tahun ini maka Geminid bisa jadi jawabannya. Hujan meteor Geminid memiliki itensitas yang tinggi. Juga sering menghasilkan meteor terang. Dan tahun ini puncak Geminid akan berlangsung menjelang fase bulan baru. Sehingga kita bisa melihat lebih banyak meteor tanpa gangguan cahaya bulan.

Hujan meteor Geminid berlangsung antara 7-17 Desember 2017. Puncak Geminid akan berlangsung pada Kamis, 14 Desember 2017 pukul 13:07 WIB. Karena puncak Geminid terjadi siang hari di Indonesia maka kita bisa melihatnya lebih awal sebelum puncaknya. Yaitu malam ini mulai tengah malam sampai matahari terbit.

Pada puncaknya Geminid bisa menghasilkan sampai 120 meteor per jam. Meteor-meteor tersebut nantinya akan terlihat melesat dari arah rasi Gemini. Di Indonesia rasi Gemini akan berada pada ketinggian maksimum sekitar pukul 01:30 waktu setempat. Sehingga waktu tersebut adalah waktu terbaik melihat hujan meteor terbaik tahun ini.

Untuk melihat hujan meteor Geminid kita tidak membutuhkan apapun. Cukup dengan kedua mata saja. Usahakan juga melihatnya di lokasi dengan medan pandang luas dan gelap. Sebab kita tidak pernah tahu di mana meteor akan muncul. Dengan medan pandang luas maka kita akan lebih mungkin melihat meteor yang tidak pasti kemunculannya.

Satu yang tidak kalah penting adalah kesabaran. Sebab -ya itu tadi- meteor tidak pasti kemunculannya. Sehingga kita harus melakukan pengamatan dalam waktu cukup lama untuk memperbesar kesempatan melihatnya. Berapa lama? Minimal kita harus melihat ke arah langit selama setengah sampai satu jam.

Dan hal terakhir yang perlu kita miliki yaitu keberuntungan. Sebab hujan meteor Geminid yang terjadi di musim hujan memiliki potensi terganggu cuaca buruk. Sehingga hanya orang-orang terpilih yang bisa melihat hujan meteor Geminid. Apa kamu satu dari orang-orang terpilih itu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar