Fase Bulan Tahun 2018

Fase bulan adalah penampakan bentuk Bulan yang disinari Matahari jika dilihat dari Bumi. Fase bulan akan berubah-ubah sesuai perubahan posisi Bulan terhadap Matahari dan Bumi. Fase bulan bervariasi mulai dari bulan baru, sabit, kwartir awal, cembung, purnama, cembung, kwartir akhir, sabit, hingga kembali bulan baru.

Fase Bulan
Fase bulan. Kredit: Kagenmi.

Fase bulan berperan penting baik dalam astronomi maupun masyarakat luas. Misal dalam astronomi fase bulan akan menentukan kualitas pengamatan suatu hujan meteor dan Bimasakti. Karena jika fase bulan terang maka Bulan akan menjadi sumber polusi cahaya. Sedangkan dalam masyarakat luas fase bulan akan menentukan penanggalan Hijriah, pasang surut air laut, hingga waktu ideal menangkap ikan.

Karena fase bulan sangat mempengaruhi kehidupan manusia maka penting bagi kita untuk mengetahui fase-fase bulan setiap tahun. Dengan begitu kita bisa mengagendakan kapan waktu terbaik untuk pengamatan bagi pecinta astronomi. Kapan awal Ramadhan dan Lebaran bagi muslim. Juga kapan waktu ideal berlayar bagi nelayan.

Fase bulan tahun 2018. Kredit: equinoxastrology.com.

2 komentar:

  1. Penting bagi kami,petani, untuk mrngetahui apa bulan ada dilangit atau tidak, kalau bulan tidak ada di langit dianggap waktu yg tepat untuk menanam atau menyentuh tanaman, karena bulan tidak selalu nampak, mohon tabel dalam fase bulan dilengkapi dengan jam bulanterbit dan terbenam agar kami tidak menebak nebak

    BalasHapus
  2. Saya minta bmkg sulut mrnjawab komentar saya di atas karena kebun saya di minahasa

    BalasHapus