Apa Ada Gerhana Matahari di Indonesia Tahun 2017?

Gerhana matahari menjadi salah satu fenomena astronomis yang paling ditunggu setiap tahunnya. Melihat piringan matahari yang begitu terang perlahan-lahan mulai hilang dibalik piringan bulan adalah pengalaman yang berkesan. Dan beruntung pengalaman itu telah dirasakan masyarakat di Indonesia dua kali pada tahun 2016. Yaitu gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 dan gerhana matahari cincin yang terlihat sebagai gerhana matahari sebagian di Indonesia pada 1 September 2016. Nah itu tahun 2016, bagaimana dengan tahun 2017?

Suasana gerhana matahari total 9 Maret 2016 di Belitung. Kredit: Belitung Wonderful.

Sama dengan tahun 2016, tahun 2017 pun akan ada dua kali gerhana matahari dengan komposisi satu gerhana matahari cincin dan satu gerhana matahari total. Gerhana matahari cincin terjadi pada 26 Februari 2017 dan gerhana matahari total terjadi pada 21 Agustus 2017. Namun yang tidak sama adalah dari dua gerhana matahari tahun 2017 tidak ada satupun yang melintasi Indonesia. Atau dengan kata lain tahun 2017 tidak akan ada gerhana matahari yang bisa terlihat di Indonesia.

Eits, tapi jangan sedih dulu! Kenapa? Bukan, bukan karena ada kabar baik. Tapi jika kalian anggap ini sudah cukup sedih, salah! Masih ada yang lebih sedih. Karena bukan hanya tahun ini, kita di Indonesia pun tidak akan bisa melihat gerhana matahari selama tahun 2018. Gerhana matahari terdekat yang bisa terlihat di Indonesia baru terjadi pada 26 Desember 2019. Pada saat itu gerhana matahari cincin akan melintasi beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan sedangkan seluruh Indonesia bisa melihat gerhana matahari sebagian.

Kita di Indonesia masih harus "berpuasa" melihat gerhana matahari hingga beberapa tahun ke depan. Dan sembari menggunggu "berbuka" mari kita ketahui lebih dulu gerhana matahari tahun 2017 ini. Meski tidak terlihat di Indonesia, tapi setidaknya sebagai pecinta astronomi kita tidak boleh ketinggalan informasi bukan? Atau bahkan mungkin kita bisa pergi "menjemput bola" ke wilayah yang dilintasi gerhana matahari di luar negeri? Semoga saja.

Gerhana Matahari Cincin 26 Februari 2017

Gerhana matahari cincin terjadi saat seluruh piringan bulan menutupi piringan matahari. Namun karena saat itu ukuran piringan bulan lebih kecil dari ukuran piringan matahari maka hanya bagian tengah piringan matahari yang akan tertutupi piringan bulan. Akibatnya piringan matahari akan terlihat seperti cincin yang gelap pada bagian tengah dan terang pada bagian tepi.

Map gerhana matahari cincin 26 Februari 2017. Kredit: Espenak/NASA.

Gerhana matahari cincin 26 Februari 2017 akan berlangsung pukul 20:15 - 23:31 WIB. Sedangkan gerhana matahari sebagian akan berlangsung pukul 19:20 - 00:36 WIB. Durasi maksimum gerhana matahari cincin hanya 44 detik dan berpusat di Samudera Atlantik. Gerhana matahari cincin akan melintasi Samudera Pasifik, Chile, Argentina, Samudera Atlantik, dan Afrika. Sedangkan gerhana matahari sebagian akan melintasi Samudera Pasifik, Amerika Selatan, Samudera Atlantik, Afrika, dan Antartika.

Gerhana Matahari Total 21 Agustus 2017

Gerhana matahari total terjadi saat seluruh piringan bulan menutupi piringan matahari. Karena saat itu ukuran piringan bulan lebih besar dari ukuran piringan matahari maka seluruh piringan matahari akan tertutupi piringan bulan. Akibatnya piringan matahari yang tadinya terang seakan menghilang dan menyebabkan malam dalam siang yang sangat eksotis. Bahkan bintang dan planet pun akan terlihat ketika gerhana matahari total.

Map gerhana matahari total 21 Agustus 2017. Kredit: Espenak/NASA.

Gerhana matahari total 21 Agustus 2017 akan berlangsung pukul 23:48 - 03:02 WIB. Sedangkan gerhana matahari sebagian akan berlangsung pukul 22:47 - 04:05 WIB. Durasi maksimum gerhana matahari total mencapai 2 menit 40 detik dan berpusat di Illinois, Amerika Serikat. Gerhana matahari total akan melintasi Samudera Pasifik, Amerika Serikat, dan Samudera Atlantik. Sedangkan gerhana matahari sebagian akan melintasi Samudera Pasifik, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Samudera Atlantik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar