Ada Tambahan Detik Kabisat Menjelang Tahun Baru 2017

Detik kabisat atau leap second akan ditambahkan pada 31 Desember 2016 sehingga pada hari ini akan lebih panjang 1 detik. Jadi ketika waktu telah menunjuk pukul 23:59:59 maka waktu berikutnya akan menunjuk pukul 23:59:60 bukan 00:00:00 seraya berganti hari. Karena itu tahun baru 2017 juga akan mengalami keterlambatan 1 detik dari seharusnya. Dan jika kita ingin menghitung mundur 10 detik sebelum pergantian tahun maka kita harus memulai perhitungan pukul 23:59:51.

Selamat tahun baru! Via: lifehack.org.

Penambahan detik kabisat dibutuhkan karena rotasi bumi mengalami perlambatan terhadap jam atom yang kini digunakan sebagai acuan waktu. Rata-rata perlambatan rotasi bumi adalah sekitar 1/2000 detik setiap hari. Tanpa dilakukannnya penambahan detik kabisat maka dalam jangka panjang akan terjadi ketidakcocokan antara jam atom terhadap jam matahari. Misal tanpa penambahan detik kabisat maka dalam ratusan tahun ke depan pukul 00:00:00 yang seharusnya tepat tengah malam malah akan menunjukkan waktu menjelang pagi.

Berbeda dengan tahun kabisat yang terjadi setiap 4 tahun sekali, detik kabisat tidak memiliki siklus tahunan yang pasti dalam penerapannya. Hal ini dikarenakan perlambatan bumi dipengaruhi banyak hal sehingga nilainya selalu berubah-ubah. Perlambatan rotasi bumi secara konstan memang akan terjadi karena gravitasi bulan dan matahari. Namun peristiwa tidak terduga seperti gempa bumi dan tsunami akan menambah momentum sudut bumi sehingga bisa melawan atau bahkan memperkuat perlambatan rotasi bumi.

Waktu rotasi bumi yang fluktuatif menyebabkan detik kabisat hanya dilakukan jika akumulasi perlambatan atau percepatan rotasi bumi telah mencapai 1 detik pada suatu tahun. Jika yang terjadi adalah perlambatan rotasi bumi maka akan dilakukan penambahan 1 detik kabisat. Sehingga pergantian hari akan terjadi setelah pukul 23:59:60. Sedangkan jika yang terjadi adalah percepatan rotasi bumi maka akan dilakukan pengurangan 1 detik kabisat. Maka pergantian hari akan terjadi setelah pukul 23:59:58.

Umumnya detik kabisat akan diberlakukan tengah tahun pada 30 Juli atau akhir tahun pada 31 Desember. Penambahan detik kabisat terakhir kali dilakukan pada 30 Juli 2015. Sedangkan penambahan detik kabisat ketika akhir tahun terakhir kali dilakukan pada 31 Desember 2008. Sejauh ini selama abad 21 telah dilakukan penambahan detik kabisat sebanyak 5 kali. Atau dengan kata lain dalam 16 tahun terakhir Bumi telah mengalami perlambatan rotasi sebanyak 5 detik.

Fakta menarik lainnya adalah tahun 2016 merupakan tahun kabisat yang memiliki detik kabisat. Sehingga tahun 2016 adalah salah satu tahun paling panjang yang pernah kita miliki dengan durasi 366 hari + 1 detik. Dan dalam waktu yang panjang ini tentu telah banyak yang hal-hal berarti yang kita lakukan bukan? Atau belum? Tenang masih ada waktu. Selamat tahun baru 2017!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar