Gerhana Matahari dan Bulan Tahun 2017

Gerhana matahari dan bulan adalah fenomena periodik yang akan terjadi setiap tahun. Dimana dalam setahun bisa terjadi minimal 4 kali gerhana hingga maksimal 7 kali gerhana. Selama tahun 2017 hanya akan terjadi 4 kali gerhana. Dengan komposisi dua kali gerhana matahari dan dua kali gerhana bulan yang tersebar dalam dua kali musim gerhana.

Gerhana matahari total. Kredit: Ian Wardlaw.

Musim gerhana pertama berlangsung selama Februari 2017. Susunannya adalah gerhana bulan penumbra pada 11 Februari 2017 dan gerhana matahari cincin pada 26 Februari 2017. Sedangkan musim gerhana kedua berlangsung selama Agustus 2017. Susunannya adalah gerhana bulan sebagian pada 8 Agustus 2017 dan gerhana matahari total pada 21 Agustus 2017.

Jadwal Gerhana Matahari dan Bulan Tahun 2017
Fenomena Tanggal Wilayah
Gerhana Bulan Penumbra 11 Februari 2017 Amerika, Eropa, Afrika, Asia
Gerhana Matahari Cincin 26 Februari 2017 Chile, Argentina, Afrika
Gerhana Bulan Sebagian 8 Agustus 2017 Afrika, Eropa, Asia, Australia
Gerhana Matahari Total 21 Agustus 2017 Amerika Serikat

Namun harap diperhatikan bahwa tidak semua gerhana bisa disaksikan di Indonesia. Pada tahun 2017 tidak akan ada gerhana matahari yang bisa terlihat di Indonesia. Dan hanya akan ada gerhana bulan penumbra di Indonesia bagian barat serta gerhana bulan sebagian di seluruh Indonesia. Jadi jika ingin memperoleh lebih banyak gerhana kita harus pergi "mengejar bola" ke wilayah yang dilintasi.

Untuk detail gerhana matahari dan bulan selama tahun 2017 berikut adalah ulasannya..

Gerhana Bulan Penumbra 11 Februari 2017

Gerhana bulan penumbra terjadi saat sebagian atau seluruh piringan bulan masuk ke dalam bayangan penumbra bumi. Akibatnya sebagian atau seluruh piringan bulan akan terlihat sedikit meredup. Meski begitu Bulan tidak akan terlihat kemerahan sebagaimana gerhana bulan sebagian atau total. Gerhana bulan penumbra bisa dilihat langsung dengan mata telanjang.

Map gerhana bulan penumbra 11 Februari 2017. Kredit: Espenak/NASA.

Gerhana bulan penumbra akan berlangsung pukul 05:34 - 09:53 WIB. Durasi maksimum gerhana bulan penumbra mencapai 4 jam 19 menit. Gerhana bulan penumbra bisa terlihat di mayoritas Amerika, seluruh Afrika, seluruh Eropa, dan mayoritas Asia. Gerhana bulan penumbra hanya bisa disaksikan di Indonesia bagian barat menjelang bulan terbenam.

Gerhana Matahari Cincin 26 Februari 2017

Gerhana matahari cincin terjadi saat seluruh piringan bulan menutupi piringan matahari. Namun karena saat itu ukuran piringan bulan lebih kecil dari ukuran piringan matahari maka hanya bagian tengah piringan matahari yang akan tertutupi piringan bulan. Akibatnya piringan matahari akan terlihat seperti cincin yang gelap pada bagian tengah dan terang pada bagian tepi.

Gerhana matahari cincin akan diiringi oleh gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari cincin dan sebagian tidak boleh dilihat dengan mata telanjang karena sinarnya masih terlalu terang. Jadi selalu pergunakan filter matahari baik saat gerhana matahari sebagian maupun saat gerhana matahari cincin berlangsung.

Map gerhana matahari cincin 26 Februari 2017. Kredit: Espenak/NASA.

Gerhana matahari cincin 26 Februari 2017 akan berlangsung pukul 20:15 - 23:31 WIB. Sedangkan gerhana matahari sebagian akan berlangsung pukul 19:20 - 00:36 WIB. Durasi maksimum gerhana matahari cincin hanya 44 detik dan berpusat di Samudera Atlantik. Gerhana matahari cincin akan melintasi Samudera Pasifik, Chile, Argentina, Samudera Atlantik, dan Afrika. Sedangkan gerhana matahari sebagian akan melintasi Samudera Pasifik, Amerika Selatan, Samudera Atlantik, Afrika, dan Antartika.

Gerhana Bulan Sebagian 8 Agustus 2017

Gerhana bulan sebagian terjadi saat sebagian piringan bulan masuk ke dalam bayangan umbra bumi. Akibatnya sebagian piringan bulan akan terlihat gelap berwarna kemerahan. Gerhana bulan sebagian akan diiringi oleh gerhana bulan penumbra. Secara kasat mata gerhana bulan sebagian lebih mudah terlihat dibanding gerhana bulan penumbra. Gerhana bulan sebagian dan penumbra bisa dilihat langsung dengan mata telanjang.

Map gerhana bulan sebagian 8 Agustus 2017. Kredit: Espenak/NASA.

Gerhana bulan sebagian 8 Agustus 2017 akan berlangsung pukul 00:22 - 02:18 WIB. Sedangkan gerhana bulan penumbral akan berlangsung pukul 22:50 - 03:50 WIB. Durasi maksimum gerhana bulan sebagian mencapai 1 jam 55 menit dengan persentase 24% tergerhanai. Gerhana bulan sebagian bisa terlihat di mayoritas Afrika, mayoritas Eropa, seluruh Asia, dan seluruh Australia. Gerhana bulan sebagian bisa disaksikan di seluruh Indonesia saat tengah malam.

Gerhana Matahari Total 21 Agustus 2017

Gerhana matahari total terjadi saat seluruh piringan bulan menutupi piringan matahari. Karena saat itu ukuran piringan bulan lebih besar dari ukuran piringan matahari maka seluruh piringan matahari akan tertutupi piringan bulan. Akibatnya piringan matahari yang tadinya terang seakan menghilang dan menyebabkan malam dalam siang yang sangat eksotis. Bahkan bintang dan planet pun akan terlihat ketika gerhana matahari total.

Gerhana matahari total akan diiringi oleh gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari total aman dilihat secara langsung dengan mata telanjang. Namun gerhana matahari sebagian tidak boleh dilihat dengan mata telanjang karena sinarnya masih terlalu terang. Jadi kenakan filter matahari selama gerhana matahari sebagian dan lepas hanya saat gerhana matahari total berlangsung.

Map gerhana matahari total 21 Agustus 2017. Kredit: Espenak/NASA.

Gerhana matahari total 21 Agustus 2017 akan berlangsung pukul 23:48 - 03:02 WIB. Sedangkan gerhana matahari sebagian akan berlangsung pukul 22:47 - 04:05 WIB. Durasi maksimum gerhana matahari total mencapai 2 menit 40 detik dan berpusat di Illinois, Amerika Serikat. Gerhana matahari total akan melintasi Samudera Pasifik, Amerika Serikat, dan Samudera Atlantik. Sedangkan gerhana matahari sebagian akan melintasi Samudera Pasifik, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Samudera Atlantik.

Gerhana matahari total 21 Agustus 2017 sangat spesial karena hanya akan melintasi daratan Amerika Serikat. Sebagaimana gerhana matahari total 9 Maret 2016 yang hanya melintasi daratan Indonesia. Jadi tidak ada cara lain untuk mengamati gerhana matahari total 21 Agustus 2017 selain pergi ke Amerika Serikat untuk mengamatinya. Indonesia baru akan kembali dilintasi gerhana matahari total pada 20 April 2023.

Baca juga: Fenomena Langit di Indonesia Tahun 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar