Venus Hiasi Langit Senja Hingga Maret 2017

Senja. Siapa yang tidak terpesona olehnya? Ada beragam alasan untuk menyukai senja. Mungkin karena keindahan warna-warni yang tertoreh di langit. Bisa pula pada sentuhan dingin angin setelah seharian begitu terik. Atau setidaknya, senja adalah waktu kita pulang melepas lelah. Dan dalam beberapa waktu ke depan, alasan menyukai senja akan bertambah satu lagi: Venus.

Merkurius dan Venus di Langit Senja. Kredit: Bob King.

Sebagaimana diketahui Venus adalah planet terdekat kedua dari Matahari setelah Merkurius. Venus berukuran cukup besar hampir sebesar Bumi. Jarak antara Bumi dan Venus pun relatif lebih dekat dibanding jarak Bumi ke planet-planet yang lain. Itu semua menyebabkan Venus cukup mudah untuk dilihat dari Bumi. Bahkan dengan mata telanjang!

Meski bisa terlihat, namun jangan dibayangkan Venus akan terlihat seperti suatu planet bulat yang sedang berotasi. Jika menggunakan mata telanjang, Venus akan terlihat sebagai bintang putih yang sangat terang. Seberapa terang? Lebih terang dari semua planet-planet dan bintang-bintang yang pernah kamu lihat di langit! Dalam skala magnitudo, kecerlangan Venus mampu mencapai -4,6.

Sebagai planet yang memiliki orbit lebih dekat ke Matahari dibanding Bumi, maka Venus tidak akan terlihat jauh-jauh dari Matahari. Secara garis besar posisi Venus hanya mungkin terlihat di langit timur menjelang matahari terbit atau di langit barat selepas matahari terbenam. Venus tidak mungkin berada di sisi yang berseberangan dari Matahari.

Konfigurasi Bumi, Matahari, dan Venus pada 15 Agustus 2016. Kredit: Solar System Scope.

Pada awal Juni 2016 lalu Venus mengalami konjungsi superior dimana Venus-Matahari-Bumi berada sejajar berurutan. Ketika itu Venus berada searah dengan Matahari sehingga sulit untuk diamati. Namun itu tidak akan berlangsung lama. Karena Venus memiliki orbit lebih dekat ke Matahari maka kecepatan orbit Venus lebih tinggi dari Bumi. Akibatnya Venus perlahan mulai mengejar Bumi dan sudut elongasinya akan makin besar..

Setelah konjungsi superior itu Venus akan perlahan-lahan mulai terlihat di langit barat selepas matahari terbenam. Selama berada di langit barat posisi Venus akan semakin tinggi hingga mencapai elongasi maksimum atau posisi tertinggi pada 12 Januari 2017. Setelah itu posisi Venus akan dengan cepat menurun. Hingga hilang "ditelan" Matahari ketika konjungsi inferior dimana Matahari-Venus-Bumi sejajar berurutan pada Maret 2017.

Venus di Langit Senja

Venus di Langit Barat pada Senja 15 Agustus 2016. Kredit: Stellarium.

Memasuki Agustus 2016 posisi Venus akan mulai cukup tinggi sehingga cukup mudah diamati di langit barat sewaktu senja. Selama Agustus rata-rata elongasi Venus sekitar 19 derajat dan magnitudo Venus sekitar -3,9. Pada awal Agustus Venus akan terlihat bersama Jupiter dan Merkurius. Jupiter akan terlihat sebagai bintang putih terang bermagnitudo -1,6 dan Merkurius sebagai bintang putih redup bermagnitudo 1,7.

Selain itu yang menarik selama Agustus adalah super-konjungsi Venus dan Jupiter pada 28 Agustus 2016. Ketika itu Venus dan Jupiter akan berada sangat dekat dengan jarak kurang dari satu derajat. Senja dihiasi dua bintang putih terang yang saling berdekatan tentu sangat sayang untuk dilewatkan.

Venus di Langit Barat pada Senja 15 September 2016. Kredit: Stellarium.

Memasuki September 2016 posisi Venus akan semakin tinggi meninggalkan Jupiter dan Merkurius yang akan tenggelam lebih dulu. Selama September rata-rata elongasi Venus sekitar 27 derajat dan magnitudo Venus sekitar -3,9. Tidak ada yang terlalu menarik selama September karena Venus cenderung menyendiri jauh dari planet atau bintang terang lainnya. Hanya pada 3 September 2016 saja Venus akan terlihat berdekatan dengan Bulan.

Venus di Langit Barat pada Senja 15 Oktober 2016. Kredit: Stellarium.

Memasuki Oktober 2016 posisi Venus akan semakin tinggi sehingga Venus akan sangat mudah untuk diamati. Selama Oktober rata-rata elongasi Venus sekitar 34 derajat dan magnitudo Venus sekitar -4.0. Pada akhir Oktober sangat menarik karena Venus akan berlatar piringan Bimasakti. Waktu itu pun Venus dan Saturnus akan berdekatan. Saturnus akan terlihat sebagai bintang putih bermagnitudo 0,5.

Venus di Langit Barat pada Senja 15 November 2016. Kredit: Stellarium.

Memasuki November 2016 posisi Venus semakin tinggi meninggalkan Saturnus di bawahnya. Selama November rata-rata elongasi Venus sekitar 40 derajat dan magnitudo Venus sekitar -4,1. Pada 3 November 2016 Venus, Saturnus dan Bulan akan terlihat saling berdekatan dan ketiganya akan berlatar Bimasakti. Senja tidak pernah seindah ini!

Venus di Langit Barat pada Senja 15 Desember 2016. Kredit: Stellarium.

Memasuki Desember 2016 posisi Venus akan semakin tinggi menjelang tinggi maksimumnya bulan depan. Selama Desember rata-rata elongasi Venus sekitar 45 derajat dan magnitudo Venus sekitar -4,2. Selama Desember tidak ada yang terlalu menarik karena lagi-lagi Venus memilih sendiri. Hanya pada 3 Desember 2016 Venus dan Bulan akan terlihat berdekatan.

Venus di Langit Barat pada Senja 15 Januari 2017. Kredit: Stellarium.

Memasuki Januari 2017 posisi Venus akan mencapai titik tertingginya di langit barat saat senja. Tepatnya pada 12 Januari 2017 Venus akan mencapai elongasi maksimum setinggi 46 derajat. Setelah itu posisi Venus akan terus menurun hingga berada sangat dekat Matahari pada pertengahan Maret 2017. Selama Januari rata-rata magnitudo Venus sekitar -4,5.

Selain makin tinggi dan terang, selama Januari pun Venus akan cukup bersahabat. Pada 2 dan 31 Januari 2017 Venus dan Bulan akan terlihat saling berdekatan. Sedangkan mulai pertengahan Januari Venus dan Mars akan mulai terlihat saling berdekatan.

Venus di Langit Barat pada Senja 15 Februari 2017. Kredit: Stellarium.

Memasuki Februari 2017 kecerlangan Venus akan mencapai titik puncaknya. Tepatnya pada 15 Februari 2017 Venus akan mencapai magnitudo maksimum -4,6. Setelah itu Venus perlahan-lahan akan semakin meredup hingga pertengahan Maret 2017. Selama Februari posisi Venus semakin menurun dengan rata-rata elongasi 41 derajat.

Memasuki Maret 2017 posisi dan kecerlangan Venus terus menurun dan meredup. Memasuki pertengahan Maret 2017 Venus tidak lagi mudah terlihat karena berada sangat dekat dengan Matahari. Kemudian pada akhir Maret 2017 Venus akan mengalami konjungsi inferior dimana Matahari-Venus-Bumi sejajar berurutan. Setelah itu Venus akan mulai terlihat di langit timur menjelang matahari terbit pada pertengahan April 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar