Mencoba Star Walk 2 Versi Gratis untuk Android

Ketika baru mulai menekuni hobi astronomi barangkali seseorang akan bingung sewaktu melihat langit malam. Bintang-bintang bertaburan begitu banyak di atas sana. Semua hanya berupa titik-titik cahaya yang terlihat sama. Lalu bagaimana membedakannya? Bagaimana menemukan pola rasi bintang? Atau bagaimana membedakan itu adalah bintang atau planet?

Pada langit malam yang gelap bintang-bintang memang terlihat bertaburan. Namun bintang tidak seperti pasir pantai yang dengan mudah tersapu ombak. Bintang-bintang itu relatif tetap berada di posisinya masing-masing. Dengan posisi yang relatif tetap maka manusia pun bisa membuat peta bintang yang menunjukkan posisi tiap bintang.

Ilustrasi gerhana matahari parsial 1 September 2016. Kredit: Star Walk 2.

Nah dengan peta bintang itulah kita bisa mulai mempelajari seluk beluk langit. Mulai dari mengetahui nama-nama bintang dan posisinya, menemukan pola tiap rasi bintang, membedakan bintang dengan planet, dan lainnya. Untuk lebih mudah kita bisa menggunakan aplikasi peta bintang di smartphone. Salah satu pilihannya adalah Star Walk 2 untuk Android.

Star Walk 2 tersedia di Play Store dalam versi free-in app purchase. Jadi kita bisa mengunduh dan menggunakan secara gratis namun untuk meningkatkan fitur-fiturnya kita harus membeli. Untuk versi gratis kita dibatasi hanya bisa mengetahui nama dan posisi bintang, rasi, serta planet. Meski versi gratis begitu terbatas namun rasanya cukup jika hanya untuk mulai mengenali langit.

Pemasangan dan Pengaturan

Jika tertarik menggunakan Star Walk 2 bisa langsung membuka Play Store kemudian cari "Star Walk 2 Free" atau klik: Star Walk 2 Free. Setelah itu pilih install dan tunggu proses pemasangan selesai. Jika sudah maka Star Walk 2 bisa mulai digunakan. Setiap kali digunakan Star Walk 2 akan langsung mencari lokasi dengan GPS dan menyesuaikan waktu dengan sistem. Karena itu pastikan akses GPS pada smartphone aktif.

Pengaturan manual waktu dan lokasi. Kredit: Star Walk 2.

Setelah waktu dan lokasi berhasil ditentukan maka Star Walk 2 sudah bisa mulai digunakan. Namun jika ingin merencanakan pengamatan di lain waktu atau lokasi maka bisa dilakukan pengaturan manual. Untuk menyesuaikan waktu caranya pilih icon jam analog di kanan atas kemudian sesuaikan waktu pengamatan. Sedangkan untuk menyesuaikan lokasi caranya pilih icon menu di kanan bawah, pilih setting, pilih location, kemudian cari lokasi pengamatan.

Pengaturan efek suara dan visual. Kredit: Star Walk 2.

Untuk memfokuskan pada pengamatan kami memilih untuk meminimalisir efek suara dan visual. Pada setting-general kami hanya mengaktifkan ecliptic dan menonaktifkan sounds, music. Pada setting-constellations kami memilih rasi ditunjukkan dengan garis. Dan pada setting-visual effects kami hanya mengaktifkan atmosphere, horison, water dan menonaktifkan constellation flare, meteor showers.

Mulai Pengamatan

Setelah pemasangan dan pengaturan selesai kita bisa memulai pengamatan. Sebagai latihan disarankan untuk melakukan pengamatan secara langsung pada waktu malam. Jika sudah siap mulailah amati langit malam sambil menggunakan Star Walk 2. Pastikan waktu dan lokasi antara kita dengan Star Walk 2 telah sesuai. Kemudian cocokkan apa yang terlihat di langit dengan di Star Walk 2. Dengan begitu kita akan mengetahui nama dan posisi bintang-bintang ataupun pola rasi-rasi yang ada dihadapan kita.

Konjungsi planet dan rasi Scorpius. Kredit: Star Walk 2.

Setelah mulai terbiasa kita bisa melakukan perencanaan pengamatan. Misal kita ingin mengamati langit besok malam di suatu tempat, maka kita bisa membuka Star Walk 2 lalu menyesuaikan waktu dan lokasinya. Sehingga kita bisa mengetahui seperti apa kira-kira penampakan langit besok malam di tempat tersebut.

Atau bisa juga sebaliknya. Misal kita ingin mencari suatu pemandangan yang menarik untuk kita amati. Kita bisa membuka Star Walk 2 kemudian merubah-rubah waktunya untuk mengamati pergerakan bintang dan planet. Jika misal pada suatu waktu beberapa planet terang terlihat berdekatan dan menurut kita itu menarik, maka kita bisa mencatat waktunya kemudian mengagendakan pengamatan di dunia nyata.

Bagikan Hasil Pengamatan

Jangan simpan kesenangan sendiri! Jika setelah mengutak-atik Star Walk 2 kita menemukan pemandangan menarik kita bisa membagikan ke publik. Supaya lebih banyak orang yang bisa turut mengamatinya. Caranya pilih icon menu, pilih share, lalu tekan icon lingkaran untuk menangkap citra layar. Setelah itu pilih kemana kita ingin membagikannya. Asik bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar