Halo: Cahaya yang Melingkari Matahari dan Bulan

Pernah melihat Matahari atau Bulan dikelilingi oleh cahaya seperti cincin? Tenang. Jangan baper dulu. Karena Matahari dan Bulan tidak meninggalkanmu untuk menikah duluan. Cahaya yang melingkari Matahari dan Bulan itu hanya fenomena optik semata. Jadi Matahari dan Bulan tidak benar-benar memiliki cincin. Dalam astronomi, fenomena munculnya cahaya disekeliling Matahari dan Bulan dinamakan halo.

Halo Bulan. Kredit: Rob Sparks.

Fenomena halo terjadi karena cahaya dari Matahari atau Bulan mengalami pembiasan oleh partikel es pada lapisan awan. Umumnya awan yang menyebabkan halo adalah awan tinggi seperti Cirrostratus. Kombinasi dari awan Cirrus dan Stratus. Awan Cirrostratus memiliki sifat tipis, transparan, dan tersebar merata sehingga cahaya dari Matahari dan Bulan masih bisa menembus lapisan awan ini.

Awan Cirrostratus berada pada ketinggian lebih dari 6 km di atas permukaan laut. Lapisan awan Cirrostratus sangat dingin dengan temperatur di bawah 0 derajat Celcius. Dengan temperatur dingin itu uap air dalam awan Cirrostratus akan membentuk partikel kristal es. Dan ketika cahaya Matahari dan Bulan melewati partikel kristal es maka akan terjadi pembiasan. Sehingga cahaya pun akan berkumpul membentuk pola lingkaran di sekeliling Matahari dan Bulan.

Fenomena halo bisa terlihat dalam dua pola lingkaran. Dengan radius dari lingkaran kecil 22 derajat dan lingkaran besar 46 derajat. Dua pola lingkaran ini disebabkan oleh perbedaan ukuran dan arah datangnya cahaya terhadap kristal es. Semakin banyak kristal es dalam lapisan awan maka akan semakin kuat pula pola halo yang akan terbentuk.

Karena fenomena halo sangat bergantung pada komposisi pada lapisan awan. Maka umumnya fenomena halo hanya terjadi pada lingkup wilayah yang kecil dan dalam waktu yang singkat. Dengan begitu jika kita melihat halo di suatu kota, belum tentu kota lain akan melihatnya juga. Jadi nikmati saja fenomena halo sebagai suatu pemandangan yang langka dan spesial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar