Apa Perbedaan Meteor, Fireball, dan Bolide?

Sepanjang orbit Bumi banyak bertebaran batuan angkasa atau meteoroid yang umumnya berasal dari serpihan komet dan asteroid. Ketika Bumi melintas dekat dengan meteoroid maka meteoroid akan tertarik gravitasi bumi sehingga meteoroid pun jatuh ke Bumi. Namun sebelum itu, meteoroid akan terlebih dahulu melewati atmosfer bumi dan mengalami pergesekan hebat. Gesekan antara meteoroid dan atmosfer akan menghasilkan panas yang dengan cepat membakar meteoroid menjadi meteor.

Fireball pada tahun 2008 di Oklahoma. Kredit: Howard Edin.

Semakin besar ukuran meteoroid maka akan semakin lama dan semakin terang pula meteor yang bisa terlihat. Umumnya berdasarkan seberapa lama dan terang suatu meteor bisa terlihat akan dibedakan menjadi tiga kategori: meteor, fireball, dan bolide. Di mana ketiganya memiliki kriteria sebagai berikut.

Meteor

Meteor adalah meteoroid berukuran kecil dan akan terbakar dengan cepat. Umumnya meteor hanya terlihat antara 1-2 detik. Tingkat kecerlangan meteor umumnya kurang dari magnitudo -1 atau kira-kira lebih redup dari Bintang Sirius. Meteor tidak meninggalkan jejak setelah kemunculannya. Meteor bisa disaksikan selama berlangsungnya hujan meteor.

Fireball

Fireball adalah meteoroid berukuran sedang dan akan terbakar dengan lambat. Umumnya fireball bisa terlihat hingga 5-10 detik. Tingkat kecerlangan fireball umumnya sekitar magnitudo -4 atau kira-kira seterang Venus. Fireball meninggalkan jejak seperti asap yang bertahan hingga beberapa detik. Fireball bisa disaksikan selama berlangsungnya hujan meteor.

Bolide

Bolide adalah meteoroid berukuran besar dan akan terbakar dengan sangat lambat. Umumnya bolide bisa terlihat hingga lebih dari 10 detik. Tingkat kecerlangan bolide bisa melampaui magnitudo -12 atau lebih terang dari bulan purnama. Bolide meninggalkan jejak seperti asap dan disertai ledakan pada akhir kenampakannya. Bolide umumnya tidak berkaitan dengan hujan meteor sehingga sangat jarang terjadi. Salah satu fenomena bolide teramati di Chelyabinsk, Rusia pada 15 Januari 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar