Super Moon dan Micro Moon, Apa Bedanya?

Bulan mengelilingi Bumi dalam orbit yang berbentuk elips. Bukan bulat sempurna. Karena berbentuk elips, maka jarak antara Bulan dan Bumi pun berubah-ubah. Ada kalanya Bulan berada di titik terdekatnya dari Bumi atau disebut perigee. Dan ada kalanya Bulan berada di titik terjauhnya dari Bumi atau disebut apogee.

Selisih antara titik perigee dan apogee yang dimiliki orbit Bulan tidak terlalu besar. Hanya sekitar 50.000 km. Umumnya jarak Bulan ke Bumi ketika berada di perigee sekitar 350.000 km. Sedangkan umumnya jarak Bulan ke Bumi ketika berada di apogee sekitar 400.000 km.

Meski tidak terlalu mencolok, perbedaan jarak Bulan ke Bumi ketika perigee dan apogee akan mempengaruhi wujud Bulan. Mudah dipahami, ketika Bulan ada di perigee, maka Bulan akan terlihat lebih besar dan terang. Sedangkan ketika Bulan ada di apogee, maka Bulan akan terlihat sedikit lebih kecil dan redup.

Perbedaan wujud Bulan ketika perigee dan apogee akan lebih mudah diamati ketika bertepaan fase purnama. Sehingga sisi bulan yang menghadap ke Bumi akan tersinari Matahari secara sempurna. Dengan begitu piringan bulan akan terlihat bulat sempurna.

Perbandingan antara super moon dan micro moon tahun 2012. Kredit: Catalin Paduraru.

Ketika Bulan mencapai fase purnama di titik perigee, maka bulan purnama akan terlihat sedikit lebih besar dan terang. Fenomena ini umumnya kita kenal sebagai super moon. Sebaliknya, ketika Bulan mencapai fase purnama di titik apogee, maka bulan purnama akan terlihat lebih kecil dan redup. Fenomena ini umumnya kita kenal sebagai micro moon.

Meski begitu perbedaan antara super moon dan micro moon tidak terlalu mencolok. Perbedaan ukuran Bulan ketika super moon hanya 14% lebih besar dibanding ketika micro moon. Sedangkan perbedaan kecerlangan Bulan ketika supermoon hanya 30% lebih terang dibanding ketika micro moon.

Meski super moon dan micro moon bukan fenomena yang "Waaah!!" namun keduanya cukup menarik untuk diamati. Caranya? Cukup cari kapan waktu Bulan mencapai fase purnama di perigee dan apogee. Kemudian bersantailah sambil menatap bulan purnama seperti biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar