22-23 April 2016: Micromoon vs Lyrids!

Cahaya bulan purnama adalah pengganggu bagi pengamatan hujan meteor. Cahaya terang bulan sering kali membuat meteor redup tidak terlihat. Sehingga jumlah meteor yang bisa terlihat akan menurun drastis. Bahkan bisa tidak terlihat sama sekali.

Namun bagaimana jika bulan purnama itu lebih redup dari biasanya? Apakah meteor-meteor tetap akan terlihat? Apakah akan menjadi lawan seimbang untuk suatu hujan meteor?

Micromoon dan Lyrids. Kredit: kalastro.id.

Sebagaimana yang kita ketahui Bulan mengelilingi Bumi dalam orbit yang elips. Sehingga ada titik terdekat dan terjauh dari Bumi.

Ada kalanya Bulan akan mencapai fase purnama ketika berada di titik terjauh dari Bumi. Sehingga bulan purnama yang akan terlihat pun akan sedikit lebih kecil dan redup.

Fenomena bulan purnama yang kecil dan redup ini kemudian disebut sebagai micromoon. Kebalikan dari supermoon. Dimana micromoon akan 14% lebih kecil dan 30% lebih redup dari supermoon.

Pada malam hari antara 22-23 April 2016 pengamat di seluruh Indonesia akan berkesempatan menyaksikan micromoon. Sehingga bulan purnama pada malam itu akan sedikit lebih kecil dan redup. Micromoon pada malam nanti juga menjadi yang terkecil dan teredup selama tahun 2016.

Menariknya pada 22-23 April 2016 nanti micromoon akan bertepatan dengan puncak hujan meteor Lyrids. Tentu ini akan sangat menarik. Apakah micromoon vs Lyids kali ini akan menjadi pertandingan yang seimbang?

Hujan meteor Lyrids berlangsung antara 16-25 April 2016 dimana puncaknya pada 22-23 April 2016. Hujan meteor Lyrids bisa disaksikan di seluruh Indonesia. Waktu terbaiknya setelah tengah malam hingga menjelang matahari terbit.

Selama puncak hujan meteor Lyrids diperkirakan akan terlihat hingga 20 meteor tiap jam. Namun itu jika dalam kondisi ideal tanpa polusi cahaya. Bagaimana jika pada waktu bersamaan akan terjadi micromoon?

Dengan adanya bulan purnama sudah bisa dipastikan jumlah meteor Lyrids yang bisa terlihat akan menurun. Namun karena yang akan terjadi nanti adalah micromoon, tentu akan menarik untuk kita ketahui seberapa jauh penurunan itu?

Tentu kita semua berharap pertarungan antara micromoon dan Lyrids nanti akan sebanding. Sehingga kita bisa menyaksikan kedua fenomena memesona dalam satu waktu.