Tidak Kebagian Gerhana Matahari Total? Live Streaming saja!

Tidak lama lagi fenomena alam yang sangat eksotis akan terlihat di Indonesia. Fenomena ketika siang yang terang benderang berubah gelap seakan malam. Hingga terlihat bintang-bintang dan planet-planet ketika siang. Bahkan hewan-hewan pun terkecoh oleh malam semu itu. Ya, fenomena yang dimaksud adalah gerhana matahari total.

Gerhana matahari total di Australia. Kredit: Tunc Tezel.

Pada Rabu 9 Maret 2016 masyarakat di Indonesia berkesempatan melihat langsung gerhana matahari total. Namun sayang hanya beberapa wilayah di Indonesia yang bisa menyaksikannya. Di antaranya adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Selain di wilayah-wilayah tersebut tidak akan terlihat gerhana matahari total melainkan hanya gerhana matahari sebagian. Jadi pada 9 Maret 2016 di sebagian Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan di seluruh Jawa, Bali, Nusa Tenggara hingga Papua hanya akan terlihat gerhana matahari sebagian. Bukan gerhana matahari total.

Gerhana matahari sebagian tentu berbeda dengan gerhana matahari total. Pada gerhana matahari sebagian masih ada piringan matahari yang tidak tertutupi piringan bulan. Sehingga langit siang tetap akan terang. Tidak terlihat bintang-bintang ataupun planet-planet. Tidak terlihat korona matahari. Tidak ada keriuhan yang sama. Dan lain-lain. Sungguh jauh berbeda bukan?

Nah jika Kalian tidak terima bila hanya akan melihat gerhana matahari sebagian bukan gerhana matahari total. Maka pilihannya Kalian harus pergi ke wilayah-wilayah yang dilintasi gerhana matahari total pada 9 Maret 2016. Sehingga bisa menyaksikan dengan mata kepala sendiri seperti apa fenomena yang telah membuat umat manusia memburunya dari tahun ke tahun.

Live Streaming Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Namun jika Kalian tidak bisa menuju ke lokasi gerhana matahari total maka bersedihlah sejenak saja. Karena LAPAN dan BMKG akan bekerjasama untuk menyiarkan langsung gerhana matahari total 9 Maret 2016. Bahkan kini telah ditetapkan 7 lokasi untuk menyiarkan secara langsung gerhana matahari total nanti. Diantaranya adalah Muko-Muko, Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balipapan, Palu, dan Ternate.

Dengan dipilihnya banyak lokasi tersebut diharapkan bisa meminimalisir resiko cuaca buruk ataupun kesalahan teknis di suatu lokasi. Sehingga bisa mengurangi gangguan-gangguan yang mungkin terjadi selama siaran gerhana matahari total berlangsung. Dan tentu saja, jangan sampai para penonton kecewa dua kali setelah sebelumnya kecewa karena tidak bisa menuju lokasi gerhana matahari total. Hihihi..

Untuk menonton live streaming gerhana matahari total 9 Maret 2016 silakan kunjungi beberapa situs berikut:
  1. http://lapan.go.id/index.php/home
  2. http://media.bmkg.go.id/gmt.bmkg
  3. http://gerhana-indonesia.id/id/live-streaming
Dan terakhir jangan takut ya untuk menyaksikan live streaming gerhana matahari total ini. Karena aman untuk dilihat langsung dengan mata telanjang. Yakali mau pake kacamata matahari di depan layar digital. Tapi kalau mau bergaya kekinian gapapa juga sih. Biar makin berasa nonton gerhana matahari!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar