Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016, Yuk Koleksi Benda-Benda Ini!

Suatu fenomena alam yang sangat menakjubkan sekaligus langka akan menghiasi langit Indonesia tidak lama lagi. Fenomena itu adalah gerhana matahari total. Pada Rabu, 9 Maret 2016 beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami "malam dalam siang" karena cahaya matahari tertutupi oleh piringan bulan. Wilayah tersebut adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Terakhir kali gerhana matahari melintasi Indonesia tahun 1995 atau sudah 21 tahun yang lalu. Namun sayangnya gerhana matahari total pada tahun itu hanya melintasi Pulau Sangihe di utara Sulawesi. Karena minimnya cakupan wilayah yang dilalui, tidak banyak masyarakat Indonesia yang tahu apalagi bisa menyaksikan. Umumnya masyarakat Indonesia lebih mengenal gerhana matahari total 11 Juni 1983 sebagai gerhana matahari total terakhir kali di Indonesia.

Setelah gerhana matahari total 9 Maret 2016 Indonesia baru akan mengalami gerhana matahari total lagi pada 20 April 2023. Namun seperti tahun 1995 pada tahun 2023 pun cakupan wilayah yang akan dilintasi gerhana matahari total sangat minim yakni hanya melintasi Papua Barat. Gerhana matahari total berikutnya dengan cakupan wilayah yang luas baru akan terjadi pada 20 April 2042. Pada tahun 2042 gerhana matahari total akan melintasi Sumatera dan Kalimantan.

Menyadari betapa langka suatu gerhana matahari total. Terlebih yang memiliki cakupan wilayah yang luas. Maka gerhana matahari total 9 Maret 2016 tentu akan menjadi begitu spesial. Bahkan bisa jadi euforianya akan teringat hingga bertahun-tahun mendatang. Menjadi bagian dari sejarah dan akan disebut-sebut setiap kali membahas gerhana matahari total di masa yang akan mendatang. Sebagaimana kita sering menyebut-nyebut gerhana matahari total tahun 1983 pada saat ini.

Untuk menyambut suatu sejarah gerhana matahari total di masa depan. Tentu akan lebih baik jika selain kita memiliki pengalaman menyaksikan, kita juga punya bukti fisik atas sejarah tersebut. Dengan begitu jika kelak menceritakan pengalaman kita dulu, kita juga bisa menunjukkan benda-benda yang berhubungan dengan peristiwa tersebut. Sehingga gambaran dari cerita sejarah itu pun akan semakin hidup.

Nah.. Kira-kira benda apa saja ya yang cocok untuk dijadikan koleksi bersejarah dari gerhana matahari total 9 Maret 2016? Berikut beberapa pilihannya..

Kacamata Gerhana Matahari Total 2016

Kacamata matahari edisi gerhana matahari total 9 Maret 2016. Kredit: JejakLangit.com

Benda yang paling pantas dijadikan koleksi bersejarah tidak lain adalah benda yang terlibat langsung dalam peristiwa tersebut. Dan dalam peristiwa gerhana matahari total 9 Maret 2016 nanti, benda yang identik digunakan dalam pengamatan tentu saja kacamata matahari. Kacamata yang telah dilengkapi dengan filter khusus ini akan membuat matahari terlihat jauh lebih redup sehingga aman untuk dilihat secara langsung.

Dengan memiliki kacamata matahari ini berarti kita akan memiliki dua keuntungan sekaligus.Yaitu sebagai alat untuk mengamati gerhana matahari total 9 Maret 2016 dan juga untuk koleksi setelahnya. Cara mendapatkan kacamata matahari ini pun cukup mudah. Menjelang gerhana matahari total seperti sekarang banyak pihak yang menjualnya secara online. Salah satunya adalah JejakLangit.com.

Koran Berita Gerhana Matahari Total 2016

Koran Harian Kompas edisi Rabu, 3 Februari 2016. Kredit: Harian Kompas.

Tulisan itu abadi! Jadi cara terbaik untuk mengenang kembali gerhana matahari total 9 Maret 2016 di masa depan adalah dengan menyimpan tulisan tentangnya. Entah itu dengan membuat catatan pribadi ataupun dengan mengoleksi tulisan dari media cetak. Berbekal tulisan-tulisan itulah kita akan bisa mengingat kembali apa saja yang terjadi sebelum hingga sesudah gerhana matahari total 9 Maret 2016.

Media cetak berupa koran umumnya memberitakan sesuatu secara acak. Jadi mau tidak mau kita harus rajin memeriksa isi berita di berbagai koran setiap paginya. Namun jika Kalian tidak bisa serajin itu, kabar baiknya Harian Kompas telah berkomitmen membahas gerhana matahari total 9 Maret 2016 setiap Rabu. Dengan begitu Harian Kompas edisi Rabu harus menjadi bagian dari koleksi Kalian ya.

Dan semoga komitmen Harian Kompas ini segera diikuti oleh media cetak lainnya. Supaya sosialisasi gerhana matahari total 9 Maret 2016 semakin meluas dan semakin banyak orang yang bisa menyaksikannya. Setidaknya, gerhana matahari total jangan lagi dikenal sebagai sesuatu yang menakutkan sebagaimana tahun 1983.

Perangko Gerhana Matahari Total 2016

Perangko khusus gerhana matahari total 2016. Kredit: Detik.com.

Terakhir kali Pos Indonesia menerbitkan perangko bertema gerhana matahari total adalah tahun 1983 atau sudah 33 tahun yang lalu. Sudah sangat lama. Namun itu tidak akan lebih lama lagi. Karena Pos Indonesia berencana menerbitkan perangko bertema gerhana matahari total 9 Maret 2016 pada akhir Februari ini.

Pos Indonesia berencana meluncurkan tiga desain perangko yang berbeda. Dimana jika ketiga desain itu disatukan akan membentuk lintasan gerhana matahari total 9 Maret 2016 di Indonesia. Untuk memperkuat nuansa kebudayaan nusantara, Pos Indonesia pun menambahkan aksen Batarakala yang tengah melahap sang surya pada ketiga desain perangkonya.

Sayangnya Pos Indonesia dikabarkan hanya akan menerbitkan perangko bertema gerhana matahari total 9 Maret 2016 ini dalam jumlah terbatas. Jadi perangko bertema gerhana matahari total tahun ini akan semakin berharga saja untuk dikoleksi. Dan mungkin setelah tahun ini, perangko bertema gerhana matahari total baru akan diterbitkan kembali oleh Pos Indonesia pada tahun 2042 atau lebih lama lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar