Gerhana Matahari Total dan Cincin di Indonesia Dalam 10 Tahun Mendatang

Gerhana matahari inti adalah gerhana matahari yang disebabkan oleh bayangan inti bulan yaitu umbra ataupun antumbra. Dalam bayangan umbra, piringan bulan akan terlihat menutupi seluruh piringan matahari. Sehingga akan terlihat gerhana matahari total pada wilayah yang dilalui umbra bulan. Sedangkan pada bayangan antumbra, piringan bulan lebih kecil dari piringan matahari dan hanya bisa menutupi bagian tengahnya. Sehingga gerhana matahari cincin akan terlihat pada wilayah yang dilalui antumbra bulan.

Namun ada kalanya piringan bulan terlihat hampir sama besar dengan piringan matahari. Dengan situasi demikian, gerhana matahari yang terjadi seringkali adalah perpaduan antara gerhana matahari total dan cincin. Fenomena ini disebut gerhana matahari hybrid. Dimana pada kedua ujung lintasan akan terlihat gerhana matahari cincin sedangkan di bagian pusat lintasan akan terlihat gerhana matahari total.

Lintasan gerhana matahari inti di Indonesia tahun 2016-2025. Kredit: Kalastro.

Dalam 10 tahun ke depan atau antara tahun 2016-2025 Indonesia akan dilalui oleh 3 kali gerhana matahari inti. Komposisinya adalah 2 kali gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 dan 20 April 2023 dan gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019. Pada gerhana matahari total 20 April  2023 sebenarnya yang terjadi adalah gerhana matahari hybrid. Hanya saja karena Indonesia berada di dekat pusat gerhana matahari maka yang akan terlihat adalah gerhana matahari total.

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Gerhana matahari total 9 Maret 2016 adalah gerhana matahari total pertama yang melintasi Indonesia pada abad ini. Terakhir kali Indonesia dilintasi gerhana matahari total adalah pada 24 Oktober 1995 atau sudah 21 tahun yang lalu. Namun sayangnya gerhana matahari total tahun 1995 hanya melintasi Pulau Sangihe di utara Sulawesi sehingga sangat jarang masyarakat Indonesia yang menyaksikannya.

Berbeda dengan gerhana matahari total tahun 1995, gerhana matahari total 9 Maret 2016 memiliki cakupan wilayah yang sangat luas. Diantaranya adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Kota-kota yang dilalui seperti Penarik, Palembang, Koba, Tanjung Pandan, Kendawangan, Sampit, Palangkaraya, Amuntai, Tanah Grogot, Balikpapan, Palu, Poso, Ampana, Luwuk, Ternate, dan Maba.

Gerhana matahari total 9 Maret 2016 juga sangat spesial karena hanya melintasi daratan Indonesia. Tidak ada daratan dari negara lain yang akan dilalui gerhana matahari total tahun 2016. Jadi seluruh wisatawan, fotografer hingga peneliti dari seluruh dunia akan "tumplek" di Indonesia. Durasi totalitas di Indonesia sendiri rata-rata berada antara 2-3 menit.

Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019

Gerhana matahari cincin 26 Desember 2019 adalah gerhana matahari cincin kedua di Indonesia pada abad ini. Sebelumnya gerhana matahari cincin melintasi Indonesia pada 26 Januari 2009 atau selisih sekitar 10 tahun antara keduanya. Pada gerhana matahari cincin tahun 2009 wilayah di Indonesia yang dilalui diantaranya adalah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Pada gehana matahari cincin 26 Desember 2019 wilayah yang dilalui hampir sama yakni Sumatera dan Kalimantan. Diantaranya adalah Banda Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Kota-kota yang dilalui seperti Singkil, Sibolga, Padang Sidempuan, Dumai, Batam, dan Singkawang.

Gerhana matahari cincin 26 Desember 2019 cukup unik karena melintasi Banda Aceh dan Sumatera Utara yang tepat pada 15 tahun lalu terkena dampak Tsunami Aceh pada 26 Desember 2004. Selain itu gerhana matahari cincin tahun 2019 berpusat di Sumatera, sehingga Indonesia menjadi pilihan terbaik sebagai lokasi pengamatan. Durasi cincin di Indonesia mencapai 3 menit 39 detik.

Gerhana Matahari Total (Hybrid) 20 April 2023

Gerhana matahari hybrid adalah jenis gerhana matahari yang paling langka. Selama abad 21 Indonesia hanya akan dilintasi oleh 2 kali gerhana matahari hybrid. Pertama pada 20 April 2023 dan terakhir pada pada 25 November 2049. Sebagai perbandingan, gerhana matahari total di Indonesia selama abad ini pun lebih sering terjadi yakni 6 kali. Bahkan bisa mencapai 8 kali jika kedua gerhana matahari hybrid tersebut ikut dihitung.

Ya, gerhana matahari hybrid memang bisa menyumbang gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin sekaligus. Namun karena Indonesia berada di dekat pusat gerhana matahari hybrid 20 April 2023 di Timor Leste. Maka Indonesia hanya akan dilalui gerhana matahari total pada waktu tersebut. Sayangnya wilayah Indonesia yang dilalui hanya meliputi Papua Barat. Sedangkan durasi totalitas di Indonesia hanya mencapai 1 menit 40 detik.

Bagaimana Nasib Pengamat di Wilayah yang Tidak Dilalui?

Gerhana matahari total tahun 2008 di China. Kredit: Bill Buckingham.

Sayangnya wilayah-wilayah yang tidak dilalui umbra ataupun antumbra bulan tidak akan menyaksikan gerhana matahari total ataupun cincin selama 10 tahun ke depan. Itu artinya tidak akan ada gerhana matahari total ataupun cincin yang terlihat di wilayah-wilayah seperti Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan lainnya hingga 10 tahun ke depan. Dan gerhana yang bisa dilihat hanyalah sebatas gerhana matahari sebagian.

Jadi jika Kalian berada di wilayah-wilayah tersebut namun tetap ingin menyaksikan gerhana matahari total ataupun cincin dalam 10 tahun ke depan. Pilihan hanya satu: pergi menjemput "bola" menuju lokasi gerhana matahari total ataupun cincin. Salah satu kesempatan emas adalah pada gerhana matahari total 9 Maret 2016 karena cakupan wilayahnya sangat luas sehingga bisa memilih lokasi yang paling mungkin dicapai.

Ingat, pertanyaannya adalah "nasib" bukan "takdir" jadi masih bisa dirubah dengan "berusaha"!

Atau jika tidak ingin direpotkan dengan urusan teknis seperti mencari informasi lokasi, penginapan, transportas dan lain sebagainya untuk menyaksikan gerhana matahari total 9 Maret 2016. Maka Kalian bisa memilih untuk pergi ke Belitung bersama kami pada 8-10 Maret 2016. Bukan hanya melihat gerhana matahari total secara langsung, namun kita juga bisa berwisata menjelajahi keindahan Pulau Belitung. Untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi: jejaklangit.com/tour.