Menunggu Gerhana Matahari Total di Jawa? Tunggulah Sampai Tahun 2081

Pulau Jawa itu begitu nyaman. Lihat saja, mulai dari pembangunan, pendidikan, kesehatan, lapangan kerja dan lain sebagainya tersedia dan diperhatikan secara seksama. Jawa tidak bisa dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia. Sudah terlanjur jauh berbeda. Tak khayal masyarakat di Indonesia hingga ke pelosok-pelosok daerah berbondong-bondong ingin ke Jawa. Dan sebaliknya, mereka yang sudah tinggal di Jawa enggan pergi ke daerah-daerah.

Tidak ada yang salah memang. Sangat wajar jika setiap orang menginginkan hidup di tempat yang lebih terjamin. Dan sangat wajar jika setiap orang yang sudah menemukan hidup yang diinginkan, kemudian merasa nyaman dan enggan meninggalkannya. Hidup di zona nyaman itu adalah keputusan setiap orang yang harus dihargai oleh orang lain. Hak yang tidak boleh diganggu-gugat oleh siapapun.

Namun tanpa keinginan menggangu-gugat keputusan tersebut, bagi mereka yang ingin menyaksikan gerhana matahari total nampaknya harus mulai mempertimbangkan untuk melepas hak-haknya sejenak. Dan kemudian keluar dari zona nyaman. Untuk pergi ke daerah-daerah. Menuju ke tempat-tempat yang selama ini dianggap begitu asing. Hingga akhirnya merasa ternyata dunia ini begitu luas dan kaya akan perbedaan.

Tetapi jika tidak mau, ya tidak apa-apa. Kembali lagi, semua keputusan harus dihargai. Hanya saja jika memutuskan ingin menyaksikan gerhana matahari total di Jawa, maka harus lebih bersabar. Alasannya adalah karena Jawa baru akan dilalui lintasan gerhana matahari total pada tahun 2081. Iya,  tidak salah. Gerhana matahari total baru akan terlihat di Jawa pada tahun 2081. Masih akan sangat-sangat lama.

Terakhir kali gerhana matahari total melintasi Jawa adalah pada 11 Juni 1983. Mungkin di antara pembaca ada yang pernah mendengar cerita dari orang tuanya atau bahkan mungkin menyaksikan sendiri gerhana matahari total pada tahun itu. Gerhana matahari total 11 Juni 1983 memang begitu tersohor. Hal ini disebabkan banyak hal, diantaranya: Durasi totalitas mencapai 5 menit 11 detik. Pusat gerhana matahari total ada di Indonesia. Terjadi saat musim kemarau. Melintasi Jawa yang padat penduduk. Hingga karena dipromosikan oleh pemerintah sebagai destinasi wisata.

Lintasan gerhana matahari total 11 Juni 1983 di Pulau Jawa. Kredit: NASA/Google Maps.

Gerhana matahari total 11 Juni 1983 melintasi banyak wilayah di Jawa. Diantaranya adalah ujung tenggara Jawa Barat, mayoritas Jawa Tengah, dan separuh Jawa Timur. Selain melintasi Jawa, gerhana matahari total 11 Juni 1983 juga melintasi beberapa wilayah di Sulawesi dan Papua. Dimana pusat gerhana matahari total berada di Laut Jawa. Luasnya cakupan gerhana matahari total yang melintasi 3 pulau besar di Indonesia juga menjadi alasan begitu tersohornya gerhana matahari total 11 Juni 1983.

Namun sayangnya setelah puas dengan gerhana matahari total 11 Juni 1983 yang begitu heroik, tidak akan ada lagi gerhana matahari total yang melintasi Jawa hingga tahun 2081. Lebih tepatnya pada 3 September 2081. Dengan begitu gerhana matahari total 11 Juni 1983 harus menjadi sahur dari puasa panjang menyaksikan gerhana matahari total di Jawa. Terlebih jika kemarin tidak sempat sahur. Maka sungguh bersabarlah.

Gerhana matahari total 3 September 2081 memiliki durasi totalitas mencapai 5 menit 33 detik. Namun sayangnya pusat gerhana matahari total berada sangat jauh dari Indonesia di Teluk Persia. Indonesia sendiri hanya akan dilalui oleh ujung akhir lintasan gerhana matahari total. Sehingga gerhana matahari total akan terlihat menjelang matahari terbenam. Sedangkan durasi totalitas di Indonesia mencapai 2 menit.

Lintasan gerhana matahari total 3 September 2081 di Pulau Jawa. Kredit: NASA/Google Maps.

Pulau Jawa menjadi satu-satunya wilayah di Indonesia yang akan dilalui gerhana matahari total 3 September 2081. Istilah "dilalui" sendiri sepertinya kurang tepat untuk digunakan. Karena pada kenyataannya lintasan gerhana matahari total 3 September 2081 hanya akan "menyerempet" Jawa Barat bagian selatan. Bahkan tengah lintasan gerhana matahari total tersebut tidak sampai mengenainya. Maka situasinya adalah seperti ini: Sudah nunggu lama-lama, ternyata cuma kebagian ujung lintasan gerhana matahari total, itupun hanya pinggirnya saja. Huh!

Nah daripada menunggu lama-lama tapi ujung-ujungnya malah makin kesel, coba pertimbangkan kembali untuk pergi sejenak dari kenyamanan Pulau Jawa dan saksikan gerhana matahari total 9 Maret 2016. Kalian bisa memilih sesuka hati lokasi-lokasi yang dilalui gerhana matahari total untuk menjadi tempat tujuan. Diantaranya adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Jangan lupa juga menyiapkan rencana perjalanan, tempat penginapan, hingga filter matahari untuk pengamatan. Atau jika tidak mau repot dengan urusan teknis itu semua, maka Kalian bisa ikut bersama kami ke Belitung. Disana kita bukan hanya akan mengamati gerhana matahari total, tapi juga akan menjelajah pesona Belitung selama 3 hari 2 malam. Kini pilihan ada di tanganmu. Jangan sia-siakan!

2 komentar:

  1. Wah... #sayang bgt.
    Smga saja masih ad umur buat ngeliat gerhana total di jawa-
    Sabaaaar !!?"
    😆😆 hhhhhe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa mending nonton gerhana matahari total 9 Maret 2016 aja. Tapi harus keluar Jawa sih.

      Hapus