Rabu, 9 Maret 2016: Gerhana Matahari Total Terlihat di Indonesia

Selama tahun 2016, setidaknya akan terlihat dua kali gerhana matahari di Indonesia. Diantaranya adalah gerhana matahari total pada Rabu, 9 Maret 2016 dan gerhana matahari sebagian pada Kamis, 1 September 2016. Dan yang paling ditunggu-tunggu tentu saja, gerhana matahari total yang terjadi tahun depan. Bener apa bener banget? Hihi..

Gerhana matahari total memang istimewa. Menyaksikan bagaimana suatu objek paling bercahaya di muka bumi hilang bersama terang benderang cahayanya. Menyaksikan bagaimana langit biru berubah secara tiba-tiba menjadi hitam seakan malam. Melihat bintang-bintang dan planet-planet di dekat Matahari. Mendengar hewan malam yang mulai bernyanyi. Orang-orang terperangah dalam kekaguman.

Gerhana matahari total di Cina tahun 2008. Kredit: JD Droddy.
 
Selain karena keeksotisannya, gerhana matahari total juga begitu ditunggu-tunggu karena kelangkaannya. Memang, setiap tahun pasti akan terjadi setidaknya dua kali gerhana matahari. Tapi itupun belum tentu gerhana matahari total. Kalaupun gerhana matahari total, belum tentu melintasi wilayah yang kita harapkan. Karena bayangan bulan penyebab gerhana matahari total hanya akan melintasi wilayah yang sangat terbatas.

Indonesia terakhir kali dilalui lintasan gerhana matahari total adalah pada tahun 1995 atau sudah 20 tahun yang lalu. Itupun yang beruntung dapat mengamati hanyalah sebuah pulau kecil di utara Sulawesi. Sedangkan terakhir kali terjadi gerhana matahari total yang melintasi pulau-pulau besar di Indonesia terjadi pada tahun 1988. Yaitu ketika gerhana matahari total melintasi Sumatra dan Kalimantan.

Nah beruntungnya pada Rabu, 9 Maret 2016 gerhana matahari total akan melintasi banyak wilayah di Indonesia. Setidaknya pulau-pulau besar seperti Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi akan dilalui. Lebih tepatnya wilayah yang akan dilalui meliputi Bengkulu, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah dan terakhir Maluku Utara. Dengan luasnya wilayah yang dilalui, maka pilihan lokasi pengamatan pun akan makin banyak. Dan kesempatan menyaksikan gerhana matahari total pun akan semakin terbuka lebar.

Map gerhana matahari total 9 Maret 2016. Kredit: NASA/Google Map.


Lantas bagaimana dengan nasib Kalian yang berada di luar wilayah tersebut? Sayangnya bagi Kalian yang berada di Indonesia tapi di luar wilayah tersebut hanya akan menyaksikan gerhana matahari sebagian. Itu artinya mayoritas Sumatra, seluruh Jawa, sebagian Kalimantan, seluruh Madura, seluruh Bali, mayoritas Sulawesi, seluruh Nusa Tenggara, hingga seluruh Papua hanya akan bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian.

Meski sama-sama gerhana matahari, tentu saja gerhana matahari sebagian sangat berbeda dengan gerhana matahari total. Pada gerhana matahari sebagian masih ada piringan matahari yang tidak tertutupi piringan bulan. Dengan begitu Matahari tetap akan terlihat menyilaukan. Langit pun tetap akan berwarna biru dan terang benderang. Tidak banyak perbedaan antara ada dan tiada gerhana. Bahkan jika tidak mengetahui informasi ini, mungkin kalian tidak akan sadar sedang ada gerhana matahari sebagian.

Namun jangan berlarut-larut dalam kesedihan, karena nasib masih bisa dirubah. Jika tetap ingin mengamati gerhana matahari total yang begitu eksotis dan langka, maka mau tidak mau Kalian harus pergi "menjemput bola" menuju wilayah gerhana matahari total tersebut. Selagi masih ada waktu untuk menyiapkan segala-galanya.

Nah bagi Kalian yang ingin menuju lokasi gerhana matahari total 9 Maret 2016 tetapi tidak ingin terlalu direpotkan dengan urusan teknis. Seperti mencari informasi lokasi dan gerhana, menyiapkan transportasi dan akomodasi hingga menyiapkan peralatan filter matahari maka Kalian bisa ikut kami dan Info Astronomy mengamati gerhana matahari total di Belitung. Bukan hanya pengamatan, kami pun akan mengajak Kalian berwisata menjelajah pesona Pulau Belitung selama 3 hari 2 malam. Untuk info lebih lanjut silahkan klik tautan ini.