100 Hari Mengejar Gerhana Matahari Total di Indonesia

HARI INI TEPAT 100 HARI MENUJU GERHANA MATAHARI TOTAL DI INDONESIA!!

Ya! Hari ini Minggu, 29 November 2015 adalah tepat 100 hari menuju gerhana matahari total di Indonesia. Hanya tinggal 100 hari lagi penantian panjang kita di Indonesia untuk kembali menyaksikan gerhana matahari total akan berakhir. Dan hanya tinggal 100 hari pula waktu yang tersisa bagi kita mempersiapkan segalanya untuk itu.

Gerhana matahari total tahun 2012. Kredit: Phil Hart.

100 hari lagi, yakni pada hari Rabu, 9 Maret 2016 pukul 07:19 WIB umbra bulan penyebab gerhana matahari total akan pertama kali mendarat di Indonesia di wilayah Bengkulu. Setelah itu gerhana matahari total akan berangsur-angsur merayapi wilayah yang lebih dalam dari Indonesia. Diantaranya yakni Jambi, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan terakhir Maluku Utara. Lihat: Map Interaktif gerhana matahari total 9 Maret 2016.

Dengan lebar hanya ratusan kilometer, lintasan gerhana matahari total memang tidak akan pernah bisa menutupi seluruh wilayah Indonesia. Terlalu luas. Dengan berfikir bijak, maka kita akan menyadari gerhana matahari total 9 Maret 2016 itu sudah sangat luas menutupi wilayah Indonesia. Setidaknya ada 3 pulau besar yang akan dilalui gerhana matahari total 9 Maret 2016: Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Ditambah lagi 4 pulau berukuran sedang: Pagai, Bangka, Belitung, dan Halmahera. Itu sudah sangat luas.

Jika melihat ke belakang, terakhir kali Indonesia dilalui gerhana matahari total adalah pada tahun 1995 atau sudah 20 tahun yang lalu. Pada waktu itu wilayah Indonesia yang dilalui bahkan hanya Pulau Sangihe, sebuah pulau kecil di utara Sulawesi. Lebih kebelakang ada gerhana matahari total tahun 1988. Cakupannya cukup luas, yakni melintasi Sumatra dan Kalimantan. Sedangkan tandingan yang setara bagi gerhana matahari total 9 Maret 2016 barangkali adalah gerhana matahari total 11 Juni 1983. Pada waktu itu cakupannya meliputi Jawa, Sulawesi dan Papua.

Jika melihat ke depan, setelah 9 Maret 2016, gerhana matahari total berikutnya yang melintasi Indonesia terjadi tahun 20 April 2023. Namun wilayah yang dilalui hanya Papua. Setelah itu gerhana matahari total yang melintasi Indonesia terjadi pada 20 April 2042. Pada waktu itu cakupannya lebih luas, yakni melintasi Sumatra dan Kalimantan. Cukup menarik bahwa dua gerhana matahari total berikutnya yang berturut-turut terjadi di Indonesia sama-sama terjadi pada 20 April.

Mengapa kami begitu mempermasalahkan cakupan gerhana matahari total pada tulisan 100 hari menuju gerhana matahari total di Indonesia ini? Karena lokasi adalah segala-galanya dalam mengamati gerhana matahari total. Jika Kalian berada di wilayah yang dilalui gerhana matahari total, maka Kalian akan bisa menyaksikannya. Jika tidak, Kalian hanya akan menyaksikan gerhana matahari sebagian, bukan gerhana matahari total. Sedangkan untuk keperluan lainnya masih bisa ditoleransikan keberadaannya. Bahkan filter matahari atau alat pengamatan apapun hanya dibutuhkan jika gerhana matahari masih sebagian. Namun jika gerhana matahari sudah total dan seluruh cahaya matahari terblokade oleh Bulan, melihat Matahari dengan mata telanjang pun tidak apa-apa. Boleh. Halal.

Dengan tulisan ini kami ingin menyadarkan Kalian bahwa cakupan wilayah pada gerhana matahari total 9 Maret 2016 sangatlah luas. Saingan yang mendekati barangkali baru terjadi lagi pada 25 November 2049. Yakni pada suatu gerhana matahari hibrid yang berubah menjadi gerhana matahari total di Indonesia dan melintasi Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Namun cakupannya masih lebih sempit karena tidak melintasi pulau-pulau berukuran sedang sebagaimana pada gerhana matahari total 9 Maret 2016.

Dengan luasnya cakupan wilayah gerhana matahari total 9 Maret 2016, maka Kalian menjadi punya lebih banyak pilihan lokasi untuk mengamati gerhana matahari total. Tidak harus mencari lokasi dengan durasi gerhana matahari total terlama atau terbaik, cukup pilih lokasi yang paling mungkin Kalian jangkau. Mari manfaatkan luasnya cakupan gerhana matahari total ini untuk menyebarkan diri menikmati keindahan Indonesia hingga ke pelosok desa yang berbeda-beda.

Lintasan gerhana matahari total 9 Maret 2016 di Sumatra dan Bangka Belitung. Kredit: Xavier Jubier.

Jika Kalian berada di Sumatra namun tidak dilalui gerhana matahari total, maka siapkan diri menuju Bengkulu misal ke Kota Penarik atau Sumatra Selatan misal ke Palembang. Jika Kalian berada di Banten, Jakarta, dan Jawa Barat, bisa juga ke Sumatra Selatan atau Bangka Belitung karena relatif lebih dekat dan bisa sekalian liburan. Jika Kalian berada di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali pilihan antara Kalimantan dan Sulawesi sama menariknya.

Lintasan gerhana matahari total 9 Maret 2016 di Kalimantan. Kredit: Xavier Jubier.

Jika Kalian berada di Kalimantan, wilayah yang dilalui sangat luas. Maka pilihlah yang paling mungkin dijangkau. Beberapa kota di Kalimantan yang tepat berada di tengah lintasan gerhana matahari total diantaranya Kendawangan, Kalimantan Barat, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, dan Tanah Grogot, Kalimantan Timur. Balikpapan juga bisa menjadi tujuan meski kota ini cukup jauh dari tengah lintasan gerhana sehingga durasi totalitasnya akan berlangsung singkat. Kota-kota tersebut dapat menjadi pilihan jika Kalian bingung akan mengamati dimana.

Lintasan gerhana matahari total 9 Maret 2016 di Sulawesi. Kredit: Xavier Jubier.

Jika Kalian berada di Sulawesi, maka Sulawesi Tengah memiliki banyak pilihan destinasi. Kalian bisa ke Palu atau Poso meski kedua kota tersebut tidak tepat berada di tengah lintasan gerhana. Jika Kalian ingin mengamati dari tengah lintasan gerhana, Kalian bisa pilih kota Tomado di selatan Palu. Kota-kota lain yang berada cukup dekat dengan tengah lintasan gerhana diantaranya ada Ampana, Luwuk, dan Padang.

Lintasan gerhana matahari total 9 Maret 2016 di Maluku Utara. Kredit: Xavier Jubier.

Maluku Utara menjadi destinasi idaman bagi para pemburu gerhana matahari total 9 Maret 2016. Penybabnya adalah karena Maluku Utara adalah daratan paling timur dari Indonesia yang dilintasi gerhana matahari total 9 Maret 2016. Karena berada paling timur, yang berarti berada lebih dekat ke pusat gerhana matahari total 9 Maret 2016 di Samudra Pasifik, maka durasi totalitasnya pun akan menjadi yang paling lama di Indonesia. Kota Maba di Halmahera Timur yang tepat dilintasi tengah lintasan gerhana berdurasi hingga 3 menit 19 detik. Namun pembangunan infrastruktur yang masih minim barangkali menjadi tantangan tersendiri jika ingin mengamati di sini.

Jika Kalian berada di Nusa Tenggara dan Papua, Sulawesi dan Maluku menjadi dua wilayah terbaik yang paling dekat untuk dijangkau. Kalian bisa memilih lokasi-lokasi yang telah disebutkan sebelumnya. Pilihlah lokasi yang paling mungkin untuk Kalian jangkau.

Nah setelah memilih lokasi mana yang ingin Kalian kunjungi untuk mengamati gerhana matahari total 9 Maret 2016, maka selanjutnya adalah mempersiapkan segala keperluan untuk menuju ke sana. Sedikit gambaran poin-poin yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah:

  • Niat dan do’a – Dahulukan untuk meniatkan dalam hati jika ingin mengamati gerhana matahari total 9 Maret 2016 nanti. Juga jangan lupa untuk berdo’a supaya selalu dimudahkan olehNya.
  • Izin orang tua – Biasanya akan sulit jika izin untuk diri sendiri, karena itu ajaklah saudara dan teman. Atau ajak saja kedua orang tua sekalian.
  • Cuti kerja atau kuliah – Hal yang tidak kalah penting adalah mengajukan cuti atau izin jika sedang kerja atau kuliah. Lamanya waktu yang dibutuhkan tergantung kebutuhan masing-masing. Jika pengamatan beserta sedikit jalan-jalan total waktunya dapat mencapai seminggu.
  • Uang transportasi dan akomodasi – Untuk semua biaya transportasi dan akomodasi pergi-pulang dan selama bermukim di kota pengamatan. Taksir biaya dengan mencari informasi ke web-web travelling atau diskusikan ke grup-grup online tentang backpacker dan travelling.
  • Info lokasi tujuan – Semakin banyak Kalian mengetahui keadaan suatu tempat maka akan semakin baik. Dengan begitu Kalian tidak akan bingung mencari lokasi pengamatan, mencari penginapan hingga mencari transportasi untuk berpindah-pindah tempat. Cari tahu ini sebanyak mungkin dengan banyak membaca tentang lokasi tersebut atau berdiskusilah di grup-grup online tentang backpacker dan travelling.
  • Siapkan kesehatan – Yang tidak kalah penting dari semuanya adalah dengan menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Dengan begitu Kalian dapat melakukan perjalanan nanti dengan nyaman dan aman.
  • Siapkan peralatan – Peralatan yang wajib disiapkan barangkali hanyalah filter matahari. Dan itupun digunakan selama gerhana matahari sebagian. Jika gerhana matahari total, filter boleh untuk dilepas. Siapkan juga kamera untuk mendokumentasikan pengamatan. Sisanya silahkan pilih apa yang sekiranya perlu.
  • Siapkan perjalanan – Jika semua sudah siap, maka tiba waktunya bagi Kalian menyiapkan perjalanan. Periksa semua barang bawaan Kalian. Tiket pesawat, filter matahari, pakaian ganti, obat-obat yang diperlukan, kamera, smartphone, dan lain sebagainya. Siapkan semua secara hati-hati supaya tidak ada yang tertinggal.

Nah itulah yang harus Kalian persiapan selama 100 hari mengejar gerhana matahari total. Tentu akan sangat merepotkan, namun imbalannya sangat sepadan. Suatu gerhana matahari total bukanlah fenomena yang umum kita temukan. Bahkan dalam satu dekade pun belum tentu ada satu saja gerhana manatahari total di Indonesia. Maka ini akan menjadi kesempatan emas bagi kita di Indonesia.

Sedangkan bagi Kalian yang tidak mau direpotkan dengan masalah teknis sepertinya mencari penginapan, transportasi hingga filter matahari, maka kami dan Info Astronomy menawarkan solusi untuk Kalian. Yaitu Kalian bisa ikut bersama kami mengamati gerhana matahari total di Belitung. Bukan hanya pengamatan, tapi kami juga akan mengajak Kalian menjelajah pesona Pulau Belitung selama 3 hari 2 malam. Tentu akan mengasyikkan! Untuk info lebih lengkap silahkan kunjungi tautan ini.

1 komentar:

  1. The interactive eclipse map is there
    http://xjubier.free.fr/en/site_pages/solar_eclipses/TSE_2016_GoogleMapFull.html

    BalasHapus