Indonesia Saksikan Dua Kali Gerhana Matahari Tahun 2016

Tahun 2016 nanti Indonesia akan ramai oleh gerhana matahari. Bagaimana tidak? Setidaknya ada dua kali gerhana matahari yang dapat di saksikan di Indonesia. Bahkan salah satu adalah gerhana matahari total! Penasaran bukan? Berikut tanggalnya. Catat ya!

Image
Gerhana matahari sebagian di Australia. Kredit: Dan.

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016


Pada hari Rabu, 9 Maret 2016 Indonesia akan dilalui oleh lintasan gerhana matahari total. Bukan hanya itu, Indonesia bahkan akan menjadi satu-satunya negara yang dilalui gerhana matahari total 9 Maret 2016. Jadi dapat dipastikan wisatawan hingga ilmuan mancanegara pasti akan berduyun-duyun menuju satu tujuan. Yakni Indonesia. Kita sebagai tuan rumah pun tidak boleh kalah antusias dari mereka.

Terakhir Indonesia dilalui gerhana matahari total sudah cukup lama. Yakni pada tahun 1995 atau sekitar 20 tahun yang lalu. Dan yang paling diingat tentu gerhana matahari total 1983 karena melalui pulau Jawa yang padat penduduk.

Namun harus diketahui, gerhana matahari total 9 Maret 2016 nanti tidak dapat diamati di seluruh Indonesia. Wilayah yang beruntung karena dilalui hanyalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara. Ya, sayangnya seluruh Jawa, Madura, Nusa hingga Papua hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian, bukan gerhana matahari total.

Image
Map gerhana matahari total 9 Maret 2016. Kredit: NASA.

Pusat gerhana matahari total 9 Maret 2016 ada di Samudera Pasifik di sebelah timur laut Indonesia. Perbedaan jarak pusat gerhana menuju lokasi pengamatan akan mengakibatkan perbedaan durasi gerhana matahari total di Indonesia. Makin dekat ke arah pusat gerhana atau makin ke timur maka durasi gerhana matahari total pun akan makin lama. Misal gerhana matahari total di Sumatera akan berdurasi sekitar 1 menit lebih, di kalimantan akan bedurasi 2 menit lebih, Sulawesi dan Maluku akan berdurasi hingga 3 menit lebih.

Waktu terjadinya gerhana matahari total 9 Maret 2016 pun bervariasi. Antara pagi hingga menjelang siang waktu setempat. Tergantung wilayahnya seperti pada durasi gerhana. Makin ke timur maka makin siang pula waktu terjadinya gerhana matahari total.

Berada di luar zona gerhana matahari total tapi tidak ingin melewatkan gerhana matahari total yang langka ini? Jangan khawatir karena kami dan Info Astronomy pun telah berencana melakukan pengamatan gerhana matahari total 9 Maret 2016 bersama di Belitung. Acara ini terbuka untuk umum sehingga siapa saja diperbolehkan ikut. Untuk infonya silahkan klik tautan ini.

Gerhana Matahari Sebagian 1 September 2016


Jika sebelumnya gerhana matahari total, maka pada hari Kamis, 1 September 2016 giliran gerhana matahari sebagian yang akan terlihat di Indonesia. Gerhana matahari ini sebenarnya adalah suatu gerhana matahari cincin. Namun sayang untuk fase cincin lintasannya tidak melewati wilayah Indonesia. Jadi kita pun harus cukup puas karena hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian dengan persentase kurang dari 20%.

Image
Map gerhana matahari cincin 1 September 2016. Kredit: NASA.

Harus diketahui gerhana matahari 1 September 2016 terjadi hampir bersamaan dengan terbenamnya matahari di Indonesia. Bahkan di hampir seluruh wilayah Indonesia, matahari sudah lebih dulu terbenam sebelum gerhana sempat terjadi. Wilayah yang beruntung dapat menyaksikan gerhana matahari ini sebelum matahari terlanjur terbenam adalah Jawa Tengah, Jogja, Jawa Barat, Jakarta, Banten, dan Lampung.

Nantinya, di wilayah tersebut, gerhana matahari akan mulai terjadi menjelang terbenamnya matahari. Gerhana matahari pun akan berlangsung hingga terbenamnya matahari. Menyaksikan matahari terbenam dalam bentuk sabit karena tengah gerhana tentu akan sangat menarik!