Mari Bersiap Menyambut Gerhana Matahari Total di Indonesia

Fenomena astronomis langka akan terjadi di Indonesia tidak (terlalu) lama lagi. Fenomena ini terakhir terjadi di Indonesia pada tahun 1983 dan setelah itu baru akan terjadi lagi dalam 40 tahun kedepan. Fenomena itu adalah gerhana matahari total. 

Perangko Indonesia dengan tema gerhana matahari total pada tahun 1983. 

Pada hari Rabu, 9 Maret 2016 Indonesia akan dilalui gerhana matahari total. Bahkan lebih dari itu, Indonesia adalah satu-satunya negara yang akan dilalui gerhana matahari total 9 Maret 2016. Praktis seluruh pelancong mancanegara akan berbondong-bondong ke Indonesia. Alangkah (seharusnya) beruntung kita sebagai tuan rumah. 

Tapi harus diingat, keberuntungan tidak datang begitu saja. Gerhana matahari total 9 Maret 2016 adalah kesempatan berlian (lebih mahal dari emas, red) bagi kita di Indonesia. Untuk menjadikannya keberuntungan, harus ada persiapan. Apa persiapannya? 

Meskipun melalui Indonesia, tapi gerhana matahari total 9 Maret 2016 tidak melalui seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Wilayah yang dilalui hanya sebagian kecil saja. Dan itu artinya hanya sebagian kecil saja dari wilayah Indonesia yang dapat menyaksikan gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 kelak. Selebihnya, hanya akan terlihat gerhana matahari sebagian saja. 

Wilayah yang dilalui gerhana matahari total 9 Maret 2016 diantaranya adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Maluku. Itu artinya, di luar wilayah itu, termasuk seluruh pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara hingga Papua hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian pada 9 Maret 2016. 

Untuk melihat lebih detail wilayah yang dilalui gerhana matahari total 9 Maret 2016 silahkan kunjungi: http://eclipse.gsfc.nasa.gov/SEgoogle/SEgoogle2001/SE2016Mar09Tgoogle.html

Meski sama-sama gerhana matahari, harus disadari sepenuhnya bahwa gerhana matahari total dan gerhana matahari sebagian sangat berbeda. Pada gerhana matahari total, seluruh cahaya fotosfer matahari akan terhalangi oleh Bulan sehingga menyebabkan "malam di siang hari" yang sangat eksotis: langit akan gelap, terlihat atmosfer matahari, bintang terlihat bertaburan bahkan hewan malam ikut bernyanyi. Pengalaman itu yang tidak akan didapat jika gerhana matahari hanya sebagian.

Nah bagi yang ingin menyaksikan gerhana matahari total namun berada di luar jalur gerhana, maka pilihannya hanya satu: "menjemput bola" menuju jalur gerhana. Memang tidak mudah. Apalagi bagi yang harus ke luar pulau. Tapi dengan kemauan dan waktu yang masih cukup lama maka segalanya bisa dipersiapkan.

Adapun sedikit gambaran persiapan yang bisa dilakukan menuju jalur gerhana matahari total 9 Maret 2016 adalah:
  • Berniat melakukan pengamatan gerhana matahari total. 
  • Mencari informasi lebih banyak tentang gerhana matahari total 9 Maret 2016 beserta rute dan destinasi yang akan dijadikan lokasi pengamatan.
  • Berdoa supaya diberi kesempatan melakukan pengamatan. 
  • Meminta izin kepada orang tua bagi remaja atau sebaiknya diajak sekalian. 
  • Mencari teman seperjalanan.
  • Menabung untuk biaya transportasi dan akomodasi. 
  • Bergabung dengan komunitas astronomi jika memungkinkan.
Untuk mendapat informasi lebih detail seputar gerhana matahari total 9 Maret 2016, lokasi pengamatan, rute perjalanan, moda transportasi menuju ke sana dan lain sebagainya silahkan ikut berdiskusi di grup Berburu Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Facebook dan follow @kalastro di Twitter. Selamat bersiap!

1 komentar:

  1. Alhamdulilah, kita patut bersyukur kepada Allah karna telah memberikan kita rejeki yang berupa gerhana matahari total, karna dengan demikian negara kita akan mendapatkan devisa dari turis yang datang.

    Jangan lupa kunbl sob ada new post
    "Waw ternyata Mars memiliki gletser"

    BalasHapus