Mari Berburu Satelit, Si Bintang "Berjalan"

Pada artikel Bintang "Berjalan" di Langit Fajar dan Senja telah dibahas bagaimana penampakan satelit jika terlihat dari muka Bumi. Satelit-satelit itu kebanyakan terlihat sebagai bintang "berjalan" diantara bintang-bintang lain yang relatif diam. Bahkan tak jarang suatu satelit terlihat sebagai titik cahaya yang sangat terang namun hanya sekejap mata.

Iridium Flare di atas Danau Dillon, Colorado. Kredit Michael Menefee
Iridium Flare di atas Danau Dillon, Colorado. Kredit: Michael Menefee.

Tentu akan sangat menarik jika bisa melihat sendiri penampakan dari satelit-satelit tersebut. Apalagi satelit-satelit tersebut bisa diamati tanpa alat bantu teleskop ataupun binokuler. Cukup dengan mata telanjang. Namun bagaimanakah caranya?

Nah, untuk bisa mengamati secara langsung, yang pertama harus diketahui adalah kapan jadwal satelit-satelit tersebut akan melintas di tempat kamu berada. Untuk mengetahui jadwal satelit-satelit terlihat, bisa menggunakan layanan online dari Heavens Above. Website tersebut kami rekomendasikan karena informasi yang diberikan cukup detail dan akurat. Caranya pun sangat praktis.

Cara Mengetahui Jadwal Satelit akan Melintas

  • Cari kotak data lokasi dan bahasa pengguna di bagian kanan atas website. Jika lokasi sudah benar, maka biarkan. Namun jika belum, klik lokasi untuk mengatur lokasi.

Tangkapan layar website Heavens Above - Home.

  • Untuk mengatur lokasi, masukkan nama kotamu di kotak pencarian. Jika tidak ditemukan, maka carilah lokasi secara manual dengan map atau bisa juga melalui pengaturan lintang dan bujur. Kemudian klik "update" untuk memperbarui lokasi.

Tangkapan layar website Heavens Above - Select Location.

  • Setelah lokasi diperbarui, maka pengguna akan diarahkan kembali ke halaman beranda. Cari menu "Satellites" di bagian kiri website, pilihlah satelit yang ingin diamati.

Tangkapan layar website Heavens Above - Home.

  • Jika ingin mengamati satelit secara umum, maka pilih opsi "Daily predictions for brighter satellites"
  • Jika ingin spesifik berburu suatu satelit saja, maka pilih opsi satelit terang seperti "ISS, Tiangong 1, N. Korean satellite, X-37B, HST dan Envisat". ISS lebih banyak dipilih oleh pemburu satelit karena ISS umumnya paling terang dari satelit lainnya hingga mencapai magnitudo negatif!
  • Jika ingin berburu suar satelit atau satellite flare, maka pilih opsi Iridium Flare
  • Untuk setiap opsi yang kamu pilih, maka akan ditampilkan tabel berisi jadwal perlintasan satelit dalam waktu 7-10 hari kedepan. Sebagai contoh kami memilih "Iridium Flare" dan dalam sekejab tampillah jadwal penampakan Iridium Flare dalam seminggu kedepan.

Tangkapan layar website Heavens Above - Iridium Flare.

  • Pilah mana jadwal penampakan satelit yang dirasa akan sangat menarik untuk diamati. Kemudian pilih salah satu untuk mengetahui detailnya. Sebagai contoh kami memilih penampakan Iridium Flare yang mencapai magnitudo -7,6! Wow terang bingits!

Data yang Disajikan oleh Heavens Above

  • Detail penampakan satelit

Tangkapan layar website Heavens Above - Iridium Flare - Details.

  • Peta bintang dengan lintasan satelit

Tangkapan layar website Heavens Above - Iridium Flare - Sky Chart.

  • Daerah yang dilalui oleh satelit

Tangkapan layar website Heavens Above - Iridium Flare - Map.

Setelah semua langkah di atas dilalui, kini kamu sudah bisa mulai berburu satelit sesuai jadwal dan data yang telah diperoleh. Tapi sebelum itu, pastikan jam yang kamu gunakan sudah tepat. Untuk mencocokkan jam, bisa kunjungi http://jam.bmkg.go.id. Sekian, selamat berburu satelit. Jangan lupa tinggalkan cerita perburuanmu di kolom komentar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar