Bulan Kuartir Awal yang Berukuran Mikro

Bulan Menjelang Fase Kuartir Awal pada 6 Mei 2014 di Mojokerto, Indonesia.

Pertengahan Januari 2014 lalu, Bulan mencapai fase purnama dengan ukuran yang sedikit kecil. Ini dikarenakan Bulan sedang berada di dekat titik terjauhnya dari Bumi atau apogee. Dengan begitu bulan purnama akan terlihat sedikit lebih kecil dan redup. Karena itulah Bulan saat itu disebut bulan purnama mikro atau micro-moon. Kebalikan dari super-moon.

Namun bagaimana jika Bulan berukuran mikro dalam fase lain? Inilah yang akan terjadi malam ini dan besok. Sebelum tengah malam tanggal 6 dan 7 Mei 2014, bulan akan berada didekat titik apogee dengan fase kuartir awal. Dengan begitu akan terlihat bulan kuartir awal mikro atau bisa juga disebut micro first quarter moon.

Bulan akan mencapai fase kuartir awal pada tanggal 7 Mei 2014 pukul 10:14 WIB. Dengan begitu Bulan sudah terlihat mendekati fase kuartir awal sejak sebelum tengah malam tanggal 6 Mei 2014 hingga tanggal 7 Mei 2014 diwaktu yang sama.Sedangkan Bulan akan mencapai titik apogee pada tanggal 6 Mei 2014 17:23 WIB dengan jarak 404.357 km dari Bumi.

Dengan jarak sejauh itu, ukuran atau diameter sudut Bulan akan berkisar antara 29,4’ pada 6 Mei 2014 hingga 29,6’ pada 7 Mei 2014. Memang, dengan ukuran terkecil inipun Bulan tidak akan terlihat jauh berbeda. Bahkan jika dibandingkan Bulan ketika perigee sekalipun yang diameter sudutnya mencapai 33’. Tidak akan jauh berbeda. Hanya belasan persen lebih kecil saja.

Namun, yang menarik adalah tidak akan ada Bulan fase kuartir awal yang lebih kecil dari hari ini dan besok hingga 7 tahun lagi. Tepatnya pada 20 Januari 2021 mendatang. Tentu akan sangat disayangkan jika terlewatkan.

Bulan fase kuartir awal mikro ini akan terlihat sejak matahari terbenam di sekitar meridian atau tepat di atas. Sepanjang waktu sebelum tengah malam Bulan akan bertengger di langit barat dan baru akan tenggelam pada tengah malam.

Selain itu juga di barat akan terlihat planet Jupiter yang terlihat sebagai bintang putih terang bermagnitude -2. Sedangkan di timur akan terlihat planet Mars yang terlihat sebagai bintang merah bermagnitude -1,1. Mars akan ditemani planet Saturnus yang menjelang oposisi tanggal 11 Mei 2014 dan terlihat sebagai bintang putih bermagnitude 0,1.

Selamat menikamati langit malam ini dengan hiasan bulan kuartir awal mikro!