Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011

Gerhana bulan total

Gerhana bulan total (GBT) adalah peristiwa dimana seluruh penampang bulan tertutupi oleh bayangan bumi. Peristiwa ini terjadi saat matahari – bumi – bulan berada dalam satu garis lurus sehingga sinar matahari yang mestinya menyinari bulan terhalang oleh bumi.

Bayangan bumi sendiri di bedakan menjadi 2 macam, yaitu penumbra dan umbra. Penumbra merupakan bayangan kabur disekitar umbra, sedangkan umbra adalah bayangan pusat atau inti yang gelap.

Penumbra dan umbra. Sumber: Wikipedia

Pada peristiwa gerhana bulan total, seluruh bagian bulan akan memasuki bayangan umbra. Meski demikian, bulan tak akan benar-benar gelap dan tak terlihat, melainkan masih sedikit bercahaya meski nampak suram berwarna merah kehitaman. Penyebabnya karena bumi memiliki atmosfer yang akan merefraksikan sinar matahari.


Di tahun 2011, diperkirakan akan terjadi 2 kali gerhana bulan total. Pertama pada 16 Juni 2011 dan berikutnya pada 10 Desember 2011. Kabar baiknya Indonesia dapat mengamati kedua peristiwa gerhana bulan total tersebut.

Gerhana bulan total pada 16 Juni 2011 nanti dapat diamati di sebagian besar Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia dan Australia.

Peta daerah yang dilewat GBT 16 Juni 2011. Sumber: Wikipedia

Peristiwa gerhana bulan total dibagi menjadi beberapa tahapan atau fase menurut posisi bulan terhadap penumbra dan umbra. Berikut mengenai sistematik dan waktu tiap tahapan atau fase terjadinya gerhana bulan total pada 16 Juni 2011 nanti:
  • Penumbra 1 (P1) pukul 00:23 WIB. Bulan mulai masuk ke penumbra, bulan meredup, gerhana bulan dimulai.
  • Umbra 1 (U1) pukul 01:22 WIB. Bulan mulai memasuki umbra, bentuk bulan berubah sabit, gerhana bulan sebagian dimulai.
  • Umbra 2 (U2) pukul 02:22 WIB. Seluruh bagian bulan memasuki umbra, bulan menghilang, gerhana bulan total dimulai.
  • Puncak Gerhana Bulan Total pukul 03:12 WIB. Puncak gerhana bulan total, puncak bulan fase purnama.
  • Umbra 3 (U3) pukul 04:03 WIB. Bulan mulai keluar dari umbra, bulan kembali nampak, gerhana bulan total selesai.
  • Umbra 4 (U4) pukul 05:02 WIB. Seluruh bagian bulan keluar dari umbra, bulan kembali purnama, gerhana bulan sebagian selesai
  • Penumbra 2 (P2) pukul 06:02 WIB. Bulan keluar dari penumbra, bulan kembali terang, gerhana bulan selesai.
Di Indonesia sendiri, puncak gerhana bulan total dapat diamati di seluruh bagian Indonesia. Namun meski demikian, total fase atau tahapan gerhana yang dapat diamati tiap daerah berbeda-beda. Berikut rinciannya:
  • Indonesia bagian barat dapat mengamati seluruh fase gerhana bulan total, kecuali kontak penumbra terakhir sebelum akhirnya bulan terbenam.
  • Indonesia bagian tengah dapat mengamati gerhana bulan total hingga kontak umbra terakhir sebelum akhirnya bulan terbenam.
  • Indonesia bagian timur dapat mengamati gerhana bulan total hingga sesaat setelah puncak gerhana total berlangsung sebelum akhirnya bulan terbenam.
Gerhana bulan kali ini berdurasi fase gerhana total 1 jam 40 menit 52 detik, fase kontak umbra 3 jam 39 menit 58 detik dan fase kontak penumbra 5 jam 39 menit 10 detik.

Pada saat berlangsungnya gerhana bulan total, bulan berada di rasi Ophiuchus di langit sebelah barat dengan deklinasi -23.23°, diameter sudut 31.907' dan kecerahan -0.1 magnitudo.

Pengamatannya dapat dilakukan dengan atau tanpa alat bantu seperti teleskop dan binokuler. Seperti biasa, pengamatan dianjurkan berada di daerah minim polusi cahaya dengan medan pandang yang mengarah ke bulan tak tertutupi oleh apapun.

Bagaimana? Menarik bukan? Semoga langit cerah, selamat mengamati :)

Dan jika ada pertanyaan silahkan ikut berdiskusi ke grup Kalender Astronomi di facebook.

19 komentar:

  1. Wah sayang sekali, ''eclipse at Moon set''... :(

    BalasHapus
  2. Tapi kita bisa ngamat semua fasenya kok Ar, kecuali pas penumbra akhir. .

    BalasHapus
  3. aku nunggu fotonya saja. belum bangun jam segitu. :-)

    BalasHapus
  4. Klo fotonya ku juga nunggu mereka yg ngamat pake teleskop, hehe :D

    BalasHapus
  5. informasi menarik...makasih ya...sy sangat senang dg dunia astronomi...

    BalasHapus
  6. kebesaran Allah..

    teman2 butuh informasi Aktivitas Matahari atau Gempa di sini bisa di coba...

    http://rafjitsu.blogspot.com/

    jelang perigee 12 juni 2011 +/-3 hari …

    BalasHapus
  7. Thank's infonya. Adalagi kuasa Allah, tiga gerhana dalam waktu berdekatan. Baca saja di Tiga Peristiwa Langka : Gerhana Bulan dan Matahari di bulan Juni dan Juli

    BalasHapus
  8. SapaJoNaSuka8 Juni 2011 14.56

    wajib nonton.. siaran langsung dari langit..

    BalasHapus
  9. lakhh....dini hari lakhh....hehe...mbok gk bisa liat owcc....

    BalasHapus
  10. pengen banget liat gerhana bulan. soalnya ini fenomena langka :)

    BalasHapus
  11. kpan ci gerhanax,,???/
    kq blum muncl jga ????

    BalasHapus
  12. Jogja mulai...

    BalasHapus
  13. heheehe,,,,
    dari pada liat gitu'ant enak tidur,,,,
    ea che tdi pagi skitar jam 03.30 aq ru liat,,,
    emang besar kekuasaan allah,, aq sangat takjub bnget,,,gerhana buland ja heboh kyag gitu,,,
    pa agy gerhana matahari????pazti sangat heboh bngett,,,pi Q inget'int jgn heboh jha,,, sholat gerhana uga dunkk log dha gtu'ant,,, occ,,,

    BalasHapus
  14. waaaw.. semalam gerhana bulan totalnya waktunya ngga tepat sama yang diinformasikan ya.. tapi ga apa-apa beda tipis.. :D

    BalasHapus
  15. waaaw.. semalam gerhana bulan totalnya waktunya ngga tepat sama yang diinformasikan ya.. tapi ga apa-apa beda tipis.. :D

    BalasHapus