Berburu Meteor Eta Aquarids


Disepanjang orbitnya komet menjejakkan materi-materi seukuran debu, kerikil bahkan bebatuan akibat terkikis angin surya. Materi-materi ini kemudian disebut meteoroid. Namun meteoroid bukan hanya dihasilkan oleh serpihan-serpihan komet, bisa juga asteroid yang hancur luluh.


Ketika bumi melintas di dekat orbit suatu komet yang terdapat banyak meteoroid, maka tabrakan antar keduanya tak terelakkan lagi. Tidak menjadi masalah jika meteoroid itu habis terbakar ketika berkikisan dengan atmosfer bumi. Bahkan akan ada pemandangan elegan, meteor yang bagai panah cahaya yang melesat di legamnya kubah langit.

Salah satu komet yang dimaksud adalah Halley, komet berperiode 76 tahun. Telah diketahui komet ini menyebabkan setidaknya dua peristiwa hujan meteor, yaitu Eta Aquarids di awal bulan Mei dan Orionids di akhir bulan Oktober.

Eta Aquarids, salah satu hujan meteor yang menjadi agenda tahunan untuk di observasi pecinta langit. Berlangsung antara tanggal 18 April 2011 hingga 27 Mei 2011, dimana puncaknya terjadi pada tanggal 5 hingga 6 Mei 2011. Beradian di konstelasi aquarius, dengan begitu diyakini meteor-meteor akan berasal dan melesat menjauhi konstelasi sang pembawa air. Di ketahui meteor-meteor akan melesat dengan sangat cepat, sekitar 66.8 km/s. Dan tahun ini, diperkirakan akan nampak 60 meteor tiap jamnya pada waktu puncaknya.

Cara pengamatan:
1. Pastikan langit cerah
2. Cari lokasi pengamatan, utamakan gelap dan medan pandang luas
3. Bisa juga siapkan cemilan dan pakaian hangat serta kursi
4. Pandangi langit dengan mata telanjang (tanpa teleskop atau binokuler)
5. Jelajahi langit, jangan hanya terfokus pada rasi Aquarius
6. Bersabar menunggu meteor muncul

Radiannya, konstelasi aquarius akan berada di langit timur setelah lewat tengah malam. Ketika matahari menjelang terbit, akan terlihat juga beberapa planet yang tengah berkonjungsi, berdekatan. Mereka adalah Venus, Merhurius, Jupiter dan Mars di ufuk timur.

Selamat mengamati, semoga langit cerah :)

2 komentar:

  1. tanggal 6 mei masih bisa liat hujan meteor kan?? kalo masih bisa kira-kira jam berapaan ya??

    BalasHapus
  2. Masih bisa sampe tanggal 8 Mei dini hari ..

    BalasHapus