Oposisi Saturnus


Bumi berputar mengelilingi matahari setahun sekali. Saturnus berputar mengelilingi matahari sekali setiap 30 tahun. Ini berarti bahwa planet bumi kita harus melewati antara Saturnus dan matahari setiap tahun. Pada tahun 2011, peristiwa ini - disebut oposisi Saturnus - terjadi pada tanggal 3 April.

Jika anda memiliki teropong,tentu para skywatcher akan merasa dimanjakan dengan fenomena ini. Karena meskipun semua dari empat planet luar memiliki cincin, tapi sistem cincin paling spektakuler di antara mereka adalah milik Saturnus.

Seperti yang kami singgung di atas, Saturnus mencapai puncak oposisi dan visibilitas pada tanggal 3 April (8,6139 SA dari bumi) terbit di Timur saat Matahari terbenam di Barat. Jadi, pada bulan April 2011 kita bisa mendapati Saturnus di langit timur ketika Matahari terbenam. Saturnus mencapai ketinggian tertinggi sekitar tengah malam dan terbenam di Barat pada waktu fajar.  Berarti planet Saturnus akan terlihat sepanjang malam.

Terlihat berada di konstelasi Virgo, Saturnus ada dalam keadaan bermagnitudo 0,4. Bahkan bintang paling terang di langit pun kalah terang di banding dia kan? Padahal jaraknya dari bumi itu mencapai 800 juta mil. Tapi seiring dengan kemunculan bulan, magnitudo saturnus akan berkurang menjadi 0,5.

Melalui teleskop, Saturnus akan menarik perhatian kita dengan rotasinya yang sangat cepat (10jam 14menit). Tentu saja tidak lebih menarik dari cincin saturnus yang berkilauan. Apalagi tahun ini cincin saturnus hadir 3 kali lebih miring terhadap garis pandang kita dibanding tahun lalu, sekitar 8,7 ° dan diameter equatornya terlihat lebih besar sekitar 19,2 detik busur. Dan kali ini kita dimungkinkan untuk melihat Cassini (bagian gelap yang memisahkan cincin A dan B saturnus). Tentu saja, Titan juga dapat terlihat bermagnitudo 8 dengan teleskop kecil kita.

Bagaimana cara menemukan saturnus?
Saturnus tetap dekat dengan bintang Spica sepanjang 2011. Anda dapat mengandalkan rasi Biduk aka Virgo untuk memandu Anda ke Spica. Setelah Anda mengidentifikasi Spica, perhatikan objek seperti bintang yang berwarna terang emas di dekatnya. Itu adalah Saturnus.

Jangan sampai terlewat ya ..