Hujan Meteor Lyrids Tahun 2011


Wah musim hujan sudah mulai meninggalkan kita, dan musim kemarau telah menanti, musim  dimana para pecinta langit malam berbintang akan berpesta. Di awal musim kemarau ini, kita akan disambut oleh hujan meteor Lyrid temen-temen.

Hujan meteor yang mempunyai titik koordinat di sekitar rasi Lyra ini berasal dari sisa material komet Thatcer. Hujan meteor ini terjadi secara periodik setiap tahun dan umumnya terjadi dari tanggal 16 sampai 26 april, serta puncaknya pada tanggal 21-22 April.
Nah pada waktu puncak inilah yang biasanya menjadi buruan kita, itu karena pada saat puncak hujan meteor, intensitas atau jumlah meteor yang memasuki atmosfer bumi mengalami peningkatan hingga yang terbanyak, jadi peluang kita untuk melihat keindahan goresan-goresan indah meteor ini semakin meningkat.

Mungkin hujan meteor Lyrid tahun 2011 ini tidak semeriah hujan meteor Lyrid tahun 1922 yang mencapai 180-300 meteor per menit, atau tahun 1982 yang mencapai 90 meteor per jam, diperkirakan tahun ini hanya 15 meteor per jam kawan.. fase bulan saat puncak hujan meteor juga tidak mendukung, jadi sinar bulannya masih sangat terang sehingga sinar meteor dapat terkalahkan oleh sinar bulan tersebut. Namun ini adalah tantangan, tantangan bagi para pecinta langit untuk berburu meteor langka ini.

Hmmm.. yang menjadi maslah sekarang, temen-temen binggung letak rasi Lyra?
Baiklah, sini ku tunjukan..
Pada tanggal 21 april 2011, Rasi Lyra terbit sekitar pukul 23.00 di horizon timur laut, namun posisi ini biasanya kurang bisa dijangkau oleh kita, karena mungkin tertutup pepohonan atau bangunan-bangunan lain, lha kalau efektifnya yaitu pukul 2.00 dini hari, inilah cara mencari rasi Lyra:
·                     Hadapkan badan ke arah timur.
·                     Lihatlah bintang terang di timur sedikit ke kiri, itu adalah bintang altair di rasi Aquila.
·                     Setelah itu, geser pandangan hingga ke arah timur laut dan jika temen-temen melihat bintang terang berwarna putih, itulah bintang Vega, bintang yang merupakan alpalyr di rasi Lyra.
·                     Nah, sekarang pusatkan pandangan temen-temen di sekitar bintang vega atau rasi lyra itu.
Jika beruntung temen-temen akan melihat pertunjukan luar biasa di langit hitam nan indah..

Semoga langit berpihak kepada kita..
Happy skygazing temen-temen..

8 komentar:

  1. apap iya ci ...........
    kya.e mci hujan truzzz kqqqq

    BalasHapus
  2. semoga langit cerah.. :)
    dri dlu pngen liat hujan meteor, tp blum ksampaian.. hehe.

    BalasHapus
  3. diyas:: sabar.. berdoa deh, supaya langit bersahabat :)

    iis: aminn.. semoga kali ini bisa ya.. :)

    BalasHapus
  4. pokoknya kali ini aku harus dapat..!!:D

    BalasHapus
  5. Yeah, udah lama ga berburu meteor nih :D

    BalasHapus
  6. rin:: iyaa.. aminn.. yeye.. :)

    maz:: lamaa.. emang ninh..

    BalasHapus
  7. Moga ga mendung :D

    BalasHapus