Asterism Summer Triangle


Mungkin kalian asing dengan istilah "Asterism"?
Asterism adalah suatu pola yang dibentuk oleh bintang-bintang, yang mana pola tersebut membentuk suatu gambar layaknya rasi bintang, namun Asterism bukanlah rasi bintang yang ada 88 dan sudah diresmikan itu. Asterism sendiri bisa terbentuk dari bintang-bintang yang merupakan anggota satu atau lebih rasi bintang dan jarak bintang-bintang ini bisa terpisah jauh.

Summer Triangle merupakan salah satu contoh Asterism, dimana contoh lainnya ada Winter Triangle, Sabuk Orion, dll. Summer Triangle bisa dapati saat musim panas di belahan langit utara.

Seperti namanya Summer Triangle yang berarti 'segitiga musim panas', asterism ini berbentuk segitiga di langit. Asterism ini tersusun atas 3 bintang, yaitu Vega di rasi Lyra, Deneb di rasi Cygnus, dan Altair di rasi Aquila. Bahkan masyarakat dahulu pun sudah mengenal 3 bintang ini, mereka mempercayai bila 3 bintang ini sudah muncul di langit malam, maka musim panas telah tiba.

Bila kita ingin mengamati Asterism Summer Triangle, saat musim panas kita hadapkan badan ke arah utara, Vega yang merupakan bintang warna putih akan berada di paling barat , Deneb ada di tengah paling bawah dan Altair paling timur juga paling atas, di tengah dari segitiga ini juga bisa kita lihat Milkyways atau Bima Sakti, galaksi dimana kita berada.

Menurut Mitologi Yunani Kuno, Vega merupakan si cerdas, nama vega diambil dari sebuah alat musik harpa milik musisi terkenal Yunani kuno yaitu Orpheus. Deneb adalah sosok yang lembut dan menarik, Tarian angsanya konon dapat memikat para Dewa-Dewi kala itu. Sedangkan Altair adalah sosok yang kuat serta berani, Dan Altairlah yang menjadi malaikat pelindung kedua sahabatnya itu..
Jangan lupa tengok Asterism Summer Triangle di langit belahan utara yaa.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar