Bintang Kutub, Sebuah Harapan yang Kuat



Hari ini aku mau berbagi tentang sebuah bintang yang baru ku dapat. Bintang yang cantik di langit utara. Bintang ini melambangkan keinginan dan harapan yang kuat untuk mencapai sesuatu. So, saat kalian merasa down, tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk mencari bintang ini di langit malam.

Pernah dengar nama bintang kutub ?
Pasti ada yang pernah dengar, dan ada juga yang belum familiar dengan nama tersebut. Sesuai namanya, bintang ini terletak sangat dekat dengan kutub utara langit. Istilah bintang kutub biasa merujuk pada Polaris yang merupakan bintang kutub utara, makanya Polaris sering juga disebut bintang  Utara. Polaris merupakan bintang paling terang di rasi Ursa Minor. Polaris berjarak sekitar 430 tahun cahaya dari bumi dan merupakan sistem bintang ganda.

Hal yang luar biasa dari bintang ini adalah, Polaris tidak pernah berpindah dari tempatnya. Bumi berputar pada porosnya setiap 24 jam, sehingga bintang-bintang terlihat bergerak mengelilingi bumi. Sedangkan Polaris terlihat berada tetap di tempatnya karena letaknya tepat di titik sumbu bumi, hampir persis di kutub utara langit, pusat spin. Karena itu, di India Polaris disebut dengan Dhruva yang melambangkan keinginan dan harapan yang kuat.

Polaris biasa digunakan untuk menentukan arah utara oleh para pelaut, Polaris juga digunakan untuk menentukan garis lintang. Para astronom biasa menggunakan Polaris untuk dijadikan petunjuk menentukan letak bintang-bintang yang lain.

Untuk menemukan Polaris , kalian haris terlebih dahulu menemukan Big Dipper, kelompok tujuh bintang yang berbentuk seperti timba di langit .

Setelah itu, tarik garis lurus dari dua bintang terluar Big Dipper. Kalian akan menemukan Little Dipper. Dan bintang yang berada di ujung pegangan Little Dipper itu adalah Polaris . Selamat mencoba :)

1 komentar:

  1. Pada masa sekarang kutub utara langit dekat sekali dengan Bintang Kutub (Polar Star, Polaris) dengan jarak sedekat ~1 derajat busur. Dari Indonesia belahan selatan Bintang Kutub sudah sulit/tidak bisa terlihat. Sementara dari Indonesia belahan utara Bintang Kutub masih dapat terlihat.
    kesimpulan: bagi anda yg tinggal di belahan equator/ khatulistiwa sebelah selatan tidak mungkin bisa melihat Polaris terutama pulau jawa sangat tidak mungkin tetapi bila anda tinggal di utara equator anda bisa melihatnya terutama di manado sangat mungkin u/melihatnya dan negara jiran malaysia kita masih bisa melihatnya

    BalasHapus