Sun Dog, Si Anak Matahari


Baru-baru ini dunia digemparkan dengan fenomena aneh yang terjadi di negeri tirai bambu, Cina. Peristiwa tersebut tak lain dan tak bukan adalah fenomena munculnya 4 matahari yang menghiasi langit negeri tersebut. Banyak orang mulai mengira-ngira penyebab terjadinya peristiwa tersebut. Berbagai versi cerita pun bermunculan, mulai dari planet yang tertarik gravitasi, alien, bahkan dikaitkan dengan peristiwa langit runtuh. Tapi, apakah sahabat astro tau peristiwa apa sebenarnya ini ?.

Jawabannya adalah SUN DOG. Peristiwa ini adalah fenomena atmosferik yang sudah sangat dikenal dalam dunia sains. Oleh karena itu, kalian yg telah lama bergelut dalam dunia sains tentu mengenal istilah ini. Sun dog biasa juga disebut dengan nama PARHELION. Dan biasa muncul bersamaan dengan PARHELIC CIRCLE.

Sun dog jarang sekali terjadi, karena hanya dapat terjadi pada peristiwa atmosferik yang langka. Sun dog terjadi pada saat cahaya matahari bersinar menembus kumpulan lempeng es kristal hexagonal yang tersusun secara horizontal di langit. Sehingga, cahaya matahari itu akan dibelokkan dengan sudut minimum 22 derajat. Akibatnya, akan muncul kumpulan cahaya tambahan di kedua sisi matahari. Tidak jarang juga bentuknya seperti bola yang menyerupai anak matahari. Saat masih dekat dengan matahari, umumnya warna sun dog adalah merah, tetapi semakin menjauhi matahari, warnanya berubah ke arah biru. Sesuai namanya, saat peristiwa langka ini terjadi, matahari akan terlihat memiliki anjing penjaga yang setia di sisi majikannya =D .

Parhelic Circle sendiri adalah suatu peristiwa yg biasa mengiringi sun dog. Parhelic Circle adalah garis lengkung putih yang menembus matahari. Proses terbentuknya sama seperti sun dog, tetapi dalam parhelic circle posisi kristal es harus vertikal atau hampir vertikal.

Nah sahabat astro , sekarang sudah tau kan kenapa bisa ada 4 matahari di Cina ? :)

2 komentar:

  1. Pengen lihat . .
    Kapan ya ada di Indonesia?

    BalasHapus
  2. aku pernah liatnya matahari seperti dikelilingi pelangi... apa itu sun dog?

    BalasHapus