Hujan Meteor Quadrantids Hiasi Tahun Baru 2011


Selamat tahun baru 2011, semoga di tahun yang baru membawa semangat baru untuk kita semua. Pasti akan menyenangkan berlibur dan menghabiskan malam pergantian tahun bersama kehangatan keluarga ataupun sahabat. Bagi kalian yang merayakan tahun baru hanya di rumah, tapi jangan cemberut ya! Kita harus tetap antusias menyambut harapan-harapan kita di tahun 2011.

Jadi apa permohonan kamu di tahun 2011? Momohonlah, karena ini tahun baru, apalagi akan ada bintang jatuh pada awal tahun baru 2011 ini. Iya, akan ada bintang jatuh. Bintang-bintang ini akan berjatuhan dari langit. Mereka akan perpijar dan menyajikan goresan-goresan yang disebut meteor, hujan meteor Quadrantids namanya.

Seperti tahun-tahun kemarin, hujan meteor Quadrantids akan turut menghias langit malam yang gelap pada awal tahun 2011. Langit malam yang gelap, tentu jauh dari hiruk-pikuk lampu kota yang menyilaukan. Ya, bagi kalian yang sedang berlibur di desa mungkin akan sedikit terhibur dengan meteor-meteor ini.

Hujan meteor Quadrantids berlangsung sejak tanggal 1 hingga 5 Januari, sedangkan puncaknya akan terjadi pada tanggal 3-4 Januari. Pada puncaknya nanti, akan terlihat sekitar 40 meteor setiap jamnya. Namun selain pada puncaknya, kita cukup puas melihat sekitar 15 meteor setiap jamnya.

Disarankan mengamati peristiwa astronomis ini setelah lewat tengah malam hingga Matahari terbit. Meski arah kedatangan meteor-meteor ini tak tentu, tapi coba lebih perhatikan langit bagian timur laut disekitar rasi Bootes. Diharapkan kita akan mendapat lebih banyak meteor.

Bagaimana? Tertarik ikut mengamati? Silahkan tentukan tempat yang tepat, saya sendiri akan akan mencoba ketengah sawah untuk mengajukan permohonan. Semoga malam tahun baru ini menyenangkan.

2 komentar:

  1. Mas, kenpa saya gak ktemu meteornya ya?

    BalasHapus
  2. Mungkin karena mendung atau polusi cahaya disana cukup besar . .

    BalasHapus