Hujan Meteor Geminids di Akhir Tahun 2010

Rasi Gemini Dekat Rasi Orion

Howw, kita akan disuguhkan fenomena langit lagi. Hujan meteor Geminids akan menemani kita di malam menuju penghabisan malam-malam tahun 2010.
Geminids ini berbeda dengan hujan meteor pada umumnya yang lahir dari sebuah komet. Hujan meteor ini berasal dari sebuah asteroid, yaitu planetoin berbatu di dekat Bumi yg bernama Phaeton 3200. Pada umumnya asteroid tidak menghasilkan debu ke angkasa dan bahkan diperkirakan asteroid ini sebelumnya adalah sebuah komet.

Puncak dari hujan heteor Geminids ini ialah pada tanggal 13 hingga 14 Desember. Namun sepertinya observasi kali ini sedikit terganggu karena bersamaan dengan fase bulan yang sudah mencapai fase setengah atau kuartir pertama. Radiannya berada di rasi Gemini yang terbit sekitar pukul 21.00 waktu setempat. Sedangkan bulan baru terbenam sekitar pukul 23.33 waktu setempat. Jadi kita bisa memulai observasi dari sekitar pukul 21.00 . Waktu yang paling efektif ialah sekitar pukul 24.00 karena cahaya bulan yang sudah mulai berkurang.
Untuk menemukan rasi Gemini kita bisa mencari dua bintang terang di rasi itu, yaitu bintang Pollux dan Castor. Dapat juga dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
1. Temukan rasi Orion yangg punya ciri khas ada tiga bintang terang berjejer di langit.
2. Kemudian lihatlah bintang di sebelah utara dari tiga bintang berjejer yang berwarna kemerah-merahan, itu bintang Beteleguese yang masih merupakan bagian dari rasi Orion.
3. Teruskan ke arah timur, bintang yang relatif cerah itu adalah Procyon.
4. Terakhir, temukan dua bintang terang di sebelah utara Procyon, itulah Pollux dan Castor.

Semoga keadaan langit mendukung observasi kita kali ini. Selamat Berobservasi. .

2 komentar: