Mencoba Software Asynx Planetarium


Ada satu lagi software astronomi yang patut dicoba bagi para astronom, ialah Asynx Planetarium. Mungkin kebanyakan penyuka astronomi lebih mengenal software astronomi dengan tampilan realtime dan realistis semacam Stellarium.Dengan software semacam Stellarium kita dimudahkan menggeser-geser hingga menzoom in langit untuk mendapatkan tampilan yang dikehendaki. Tentu karena software semacam itu memang bertujuan mensimulasikan langit agar penggunanya lebih leluasa menjelajah sudut-sudut langit.


Namun, jangan bayangkan software Asynx Planetarium akan seperti itu. Asynx Planetarium lebih mirip dengan peta bintang diatas kertas. Kita hanya dapat mensetting lokasi dan waktu pengamatan dan tak akan bisa mempermainkan peta bintang itu. Kendali kita ya mungkin hanya bisa mengklik obyek hingga muncul keterangannya. Eits, tapi tunggu dulu, jangan lantas mencap jelek Asynx Planetarium. Perlu diketahui, Asynx Planetarium menyediakan 3 tampilan yang akan sangat membantu. Berikut rinciannya:

Tampilan Horizontal


Tampilannya bagai peta bintang diatas kertas. Meski begitu, jika kita mengklik satu obyek, informasi yang disediakan cukup lengkap dan akurat.

Tampilan Geocentric


Tampilan ini menunjukkan bagaimana obyek-obyek mengitari Bumi dalam gerakan semunya. Selain itu tampilannya didukung dengan koordinat ekuatorial, dimana vertikal nampak deklinasi dan horisontal nampak asensiorekta. Tampilan ini akan mempermudah siapa saja yang ingin memahami bagaimana koordinat ekuatorial itu.

Tampilan Heliocentric


Tampilan ini memperlihatkan bagaimana planet-planet mengelilingi Matahari secara nyata. Nyata dalam artian posisi yang ditampilkan akan bersesuaian dengan posisi di antariksa sebenarnya. Tampilan ini akan membantu kita memprediksi kapan kira-kira terjadi konjungsi, oposisi, elogasi maksimum dan lainnya dari suatu planet.

Nah, menarik bukan? Bagi yang berminat segera mendownload di http://www.asynx-planetarium.com/ dan install di komputer atau laptop kesayangan. Sebelum memulai jangan lupa mensetting lokasi pengamatan. Secara manual dapat dengan mengklik titik-titik di sebelah kanan lokasi defaut. Setelah muncul cendela setting lokasi, masukkan nilai longitude, latitude, dan time zone lokasi pengamatan. Dapat dilihat gambar berikut:


Selamat mencoba, silahkan bertanya bila ada sesuatu yang tak dimengerti atau salah.

8 komentar:

  1. saya udah download tapi gakbisa dipakai terus gak tau kenapa . padahal penasaran :(( pengen punya software itu :(

    BalasHapus
  2. itu freeware kah ???

    BalasHapus
  3. Iya, Freeware. .
    Ukurannya juga kecil, tak sampai 10 Mb . .

    BalasHapus
  4. Iya, Freeware. .
    Ukurannya juga kecil, tak sampai 10 Mb . .

    BalasHapus
  5. maz gigih dimana ddownload nya ....?

    BalasHapus
  6. Itu kan sudah dicantumkan link-nya, silahkan kunjungi. Dari homepage langsung pilih download saja, pasti bisa . .

    BalasHapus
  7. bsa di download kq saya udah cba bsa diinstal juga

    BalasHapus