Kemungkinan Okultasi pada Bintang Terang

Okultasi adalah fenomena tertutupnya benda langit yang terlihat kecil oleh benda langit lain yang terlihat lebih besar. Okultasi bisa pula diartikan sebagai gerhana total. Karena benda yang tertutupi akan hilang seluruhnya di balik benda yang menutupi. Okultasi bisa terjadi saat Bulan menutupi planet. Atau saat planet menutupi planet lain. Atau saat asteroid menutupi bintang. Dan lain-lain.

Okultasi bintang Regulus. Kredit: Martin Marthadinata.

Di antara banyak situasi dalam okultasi. Salah satu okultasi paling menarik adalah yang melibatkan Bulan dan bintang terang. Tidak lain karena keduanya terlihat terang sehingga akan lebih dramatis untuk disaksikan. Meski menarik tapi kita tidak bisa mengharapkan semua bintang bisa tertutup oleh Bulan. Bahkan cuma sedikit sekali bintang yang mungkin mengalami okultasi. Tapi mengapa?

Sebab keterbatasan okultasi pada bintang adalah orbit bulan yang miring sekitar 5 derajat terhadap orbit bumi. Dengan begitu keberadaan Bulan di langit terbatas hanya 5 derajat ke utara sampai selatan dari garis ekliptik. Itu berarti bintang-bintang yang bisa tertutup Bulan juga terbatas hanya yang berada 5 derajat ke utara sampai selatan dari garis ekliptik.

Mungkin kita cukup akrab dengan rasi-rasi zodiak seperti Aries, Taurus, Gemini, dan seterusnya? Nah rasi zodiak sebenarnya adalah rasi-rasi bintang yang dilintasi garis ekliptik dalam setahun. Karena orbit bulan terbatas dekat dengan ekliptik maka okultasi juga terbatas hanya terjadi pada bintang-bintang di rasi zodiak. Bintang terang yang bisa tertutup Bulan adalah Aldebaran, Regulus, Spica, dan Antares.

Garis ekliptik. Kredit: MJ Powell.

Menariknya sebagaimana gerhana matahari dan bulan. Okultasi pada bintang juga punya periode 18,6 tahun. Okultasi pada Aldebaran dan Regulus cenderung terjadi pada tahun yang sama sekitar tahun 2017 dan baru terulang sekitar tahun 2035. Sedangkan okultasi pada Antares dan Spica cenderung terjadi pada tahun yang sama sekitar tahun 2006 dan baru terulang sekitar tahun 2024.

Karena itu selama tahun ini kita cukup sering melihat Bulan dan Regulus atau Aldebaran saling berdekatan bahkan sampai terjadi okultasi. Sedangkan kita baru bisa melihat Bulan dan Antares atau Spica berdekatan bahkan sampai terjadi okultasi sekitar 8 tahun lagi. Sayangnya kita tidak akan pernah melihat bintang paling terang seperti Sirius, Canopus, dan Rigil berdekatan apalagi sampai tertutup oleh Bulan.

Komentar