Tahun 2018 Ada Dua Gerhana Bulan Total di Indonesia

Gerhana bulan total. Kredit: astrobackyard.com.

Indonesia bakal ramai oleh gerhana bulan selama tahun 2018. Sebab tidak tanggung-tanggung. Dua gerhana bulan akan terlihat di Indonesia. Bahkan dari kedua gerhana itu semuanya adalah gerhana bulan total. Belum cukup itu saja. Kedua gerhana bulan total pun memiliki durasi ekstrim lebih dari 1 jam. Gerhana bulan pertama terjadi pada 31 Januari 2018 dan kedua pada 28 Juli 2018.

Kedua gerhana bulan 2018 menarik. Karena masing-masing gerhana seakan saling berkebalikan. Misal gerhana bulan 31 Januari terlihat di langit timur setelah senja. Sedangkan gerhana bulan 28 Juli terlihat di langit barat sebelum fajar. Gerhana pertama paling baik jika dilihat dari wilayah timur dan gerhana kedua dari wilayah barat. Gerhana pertama saat musim hujan dan gerhana kedua saat musim kemarau.

Kebalikan lainnya gerhana bulan 31 Januari terjadi saat Bulan ada di titik terdekat dari Bumi atau perigee. Sehingga Bulan akan terlihat sedikit lebih besar saat gerhana. Sedangkan gerhana bulan 28 Juli terjadi saat Bulan di titik terjauh dari Bumi atau apogee. Sehingga Bulan akan terlihat sedikit lebih kecil saat gerhana. Ini langka. Dan jika kita berhasil memotret keduanya. Maka kita bisa bandingkan Bulan saat perigee dan apogee saat gerhana!

Gerhana 28 Juli akan melintasi tengah umbra bumi. Sedangkan gerhana 31 Januari tidak. Karena itu durasi gerhana 28 Juli akan lebih panjang dibanding gerhana 31 Januari. Juga gerhana 28 Juli akan terlihat lebih gelap dari gerhana 31 Januari. Durasi totalitas gerhana 31 Januari adalah 1 jam 16 menit yang terjadi antara 19:51-21:07 WIB. Sedangkan durasi totalitas gerhana 28 Juli adalah 1 jam 43 menit yang terjadi antara 02:30-04:13 WIB.

Komentar